Pengertian, Jenis, dan Contoh Barang Substitusi

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
25 Agustus 2023 15:35 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
contoh barang substitusi. Sumber: unsplash.com/Kseniya Nekrasova
zoom-in-whitePerbesar
contoh barang substitusi. Sumber: unsplash.com/Kseniya Nekrasova
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Barang substitusi adalah jenis barang yang sering ditemukan dalam aktivitas tukar menukar barang atau barter. Contoh barang substitusi adalah bahan pangan seperti beras yang ditukar dengan jagung.
ADVERTISEMENT
Aktivitas barter sebenarnya sudah ada sejak zaman dulu dan bertujuan untuk mendapatkan barang yang diinginkan. Hanya saja sekarang cara melakukannya berbeda yaitu dengan mengganti barang yang tidak ada.

Pengertian dan Jenis Barang Substitusi

contoh barang substitusi. Sumber: unsplash.com/V2OSK
Mengutip dari buku Membuka Cakrawala Ekonomi untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah, Imamul Arifin, (2007:5), pengertian barang substitusi adalah barang yang memiliki nilai guna sama dengan barang yang diinginkan konsumen.
Artinya, ketika ada konsumen yang membeli barang namun stoknya habis, penjual bisa menggantinya dengan barang lain dengan fungsi sama. Contohnya adalah bus yang bisa digantikan oleh kereta api atau jagung sebagai pengganti bahan pokok nasi.
Jenis-jenis barang substitusi terbagi menjadi dua yaitu barang substitusi sempurna dan barang substitusi tidak sempurna. Berikut penjelasan mengenai dua jenis barang substitusi.
ADVERTISEMENT

1. Barang Substitusi Tidak Sempurna

Nama lain barang substitusi tidak sempurna adalah close substitutes yang belum sepenuhnya sama dengan produk sebelumnya. Hal ini karena masih ada perbedaan di antara barang utama dengan barang pengganti.

2. Barang Substitusi Sempurna

Adapun barang substitusi sempurna adalah barang yang sangat identik dengan barang utama baik dari segi manfaat, tampilan, dan fungsinya.

Contoh Barang Substitusi

contoh barang substitusi. Sumber: unsplash.com/Wouter Supardi Salari
Ada banyak contoh barang substitusi yang dijual di pasaran Indonesia dan memiliki fungsi sama yaitu sebagai berikut.

1. Bahan Bakar Minyak dan Pertalite atau Pertamax

Contoh pertama adalah bahan bakar minyak yang sekarang digantikan dengan Pertalite atau Pertamax. Aturan ini sudah dijelaskan oleh pemerintah sejak tahun 2014 yang berisi tentang pembatasan bahan bakar premium.

2. Jagung dengan Beras

Jagung dan beras sama-sama bahan pokok yang bisa dikonsumsi oleh masyarakat. Kalau tidak ada beras, konsumen bisa membeli jagung atau singkong. Seperti orang zaman dulu yang suka mengkonsumsi singkong rebus.
ADVERTISEMENT

3. Buku Cetak dengan Digital

Zaman semakin canggih sehingga banyak penerbit yang mulai melakukan penjualan versi buku digital. Tentu saja fungsi dan isinya sama dengan buku cetak, hanya saja buku digital bisa dibaca lewat gadget.
Beragam contoh barang substitusi di atas yang menjadi menjadi alternatif pengganti untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Seperti contoh kalau tidak ada bahan bakar premium, masyarakat bisa membeli Pertalite. (GTA)