Konten dari Pengguna

5 Contoh Bioteknologi Modern di Bidang Pangan

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
19 September 2023 18:24 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi contoh bioteknologi modern. Sumber: www.unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi contoh bioteknologi modern. Sumber: www.unsplash.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bioteknologi modern telah memberikan kontribusi besar dalam peningkatan produksi pangan dengan menghasilkan tanaman yang lebih tahan terhadap hama dan penyakit. Salah satu contoh bioteknologi modern di bidang pangan adalah padi transgenik.
ADVERTISEMENT
Menurut buku Pengantar Bioteknologi, Angga Dwi Prasetyo dan Dewi Hambar Sari (2021:38), bioteknologi modern adalah salah satu proses pengolahan bahan baku di mana menggunakan organisme hidup utuh maupun bagiannya menggunakan teknik rekayasa genetika untuk menghasilkan produk dalam jumlah besar secara efektif dan efisien menggunakan peralatan yang canggih.

Contoh Bioteknologi Modern pada Pertanian dan Peternakan

Ilustrasi contoh bioteknologi modern. Sumber: www.unsplash.com
Contoh bioteknologi modern di bidang pangan banyak ditemui pada pertanian dan peternakan. Banyak ilmuwan menggunakan DNA rekombinan, yaitu teknik supaya bisa memperoleh bibit lebih unggul.
Proses melakukan bioteknologi modern dari DNA rekombinan, yaitu memindahkan gen unggul pada satu organisme ke organisme lain menggunakan bantuan mikroorganisme di alam. Apa saja contoh-contohnya? Berikut penjelasannya di bawah ini.
ADVERTISEMENT

1. Padi Transgenik

Tanaman padi transgenik diperoleh dari DNA rekombinan. Teknik ini telah diterapkan pada tanaman padi, yaitu rojolele transgenik sehingga mampu menunjukkan adanya laktoferin pada tanaman padi supaya lebih tahan pada cuaca dingin.
Para ahli bioteknologi menggunakan gen tahan dingin dalam hewan yang mampu bertahan pada tempat dingin. Kemudian, ditambahkan pada kromosom tanaman padi.

2. Fermentasi Susu

Penciptaan makanan yang dibuat dengan menggunakan bantuan fermentasi pada susu merupakan contoh penerapan bioteknologi dalam di bidang pangan. Di mana dari proses fermentasi ini dapat mengubah susu menjadi keju.

2. Fermentasi Air Kelapa

Selain itu, fermentasi yang dilakukan pada air kelapa yang mengubahnya menjadi nata de coco juga termasuk penerapan bioteknologi dalam bidang pangan.

3. Bantuan Mikroba Makanan

Penciptaan makanan yang dibuat dengan menggunakan bantuan mikroba juga termasuk penerapan bioteknologi dalam bidang pangan.
ADVERTISEMENT
Contoh makanan yang pembuatannya dibantu oleh mikroba antara lain:

4. Sapi Perah

DNA Rekombinan juga digunakan pada sapi perah, melalui penambahan gen laktoferin manusia.
Dari hasil pemanfaatan bioteknologi modern ini, maka manusia berhasil memperoleh sapi yang bisa produksi susu mengandung dengan kandungan laktoferin, seperti contoh sapi Jerman.

5. Buah Tahan Busuk

Pemasakan atau pematangan buah terjadi karena adanya rangsangan dari hormon etilen. Rekayasa genetika merupakan hasil penemuan manusia yang bisa membantu supaya kebusukan pada buah bisa dicegah.
Misalnya, tomat Flavr Savr adalah produk bioteknologi modern yang tahan busuk.
Ada banyak contoh bioteknologi modern di berbagai bidang pangan lainnya, seperti jagung manis dan pepaya California. Masing-masing dapat dihasilkan dalam jumlah besar sesuai manfaat dari sarana bioteknologi modern. Semoga informasi ini berguna. (VAN)
ADVERTISEMENT