5 Contoh Sumber Daya Alam dan Pemanfaatannya untuk Kehidupan

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
28 Agustus 2023 17:35 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Contoh Sumber Daya Alam. Sumber: Unsplash/Brian Garcia
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Contoh Sumber Daya Alam. Sumber: Unsplash/Brian Garcia
ADVERTISEMENT
Minyak bumi adalah salah satu contoh sumber daya alam yang dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari. Mulai untuk bahan bakar kendaraan, pembuatan alat rumah tangga, hingga produk kecantikan.
ADVERTISEMENT
Masih banyak sumber daya alam lain yang memberi manfaat penting bagi kehidupan manusia. Semua yang berasal dari alam ini seharusnya dipergunakan dengan bijak dan sebaikn-baiknya.

Contoh Sumber Daya Alam

Ilustrasi Contoh Sumber Daya Alam. Sumber: Unsplash/Dominik Vanyi
Menurut buku BUKU AJAR PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM DAN LINGKUNGAN, Dr. Sarintan Efratani Damanik, M.Si (2018:5), Undang-Undang Dasar 1945 memberikan dasar hukum yang kuat bagi pengelolaan sumber daya alam.
Khususnya disebutkan pada Pasal 33 ayat 3 UUD 1945, yang menyatakan bahwa kekayaan alam termasuk sumber daya alam yang ada di dalamnya dikuasai oleh negara dan digunakan untuk kemakmuran rakyat.
Berikur contoh sumber daya alam yang dimanfaatkan untuk kehidupan manusia.

1. Matahari

Manusia dapat menjadikan matahari sebagai sumber energi untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Misalnya, untuk pemanas ruangan atau pemanas air. Sinar matahari juga bermanfaat untuk banyak hal lainnya dan dapat dipakai secara terus menerus.
ADVERTISEMENT

2. Tumbuhan

Tumbuhan termasuk makhluk hidup yang ada di alam. Tumbuhan dapat bermanfaat bagi manusia melalui pertanian, dan perkebunan. Hasilnya langsung digunakan untuk kehidupan sehari-hari, seperti bahan pangan, dan lainnya.

3. Minyak bumi

Minyak bumi merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. SDA ini merupakan bahan baku untuk bahan bakar minyak, bensin dan banyak produk-produk kimia dan merupakan sumber energi yang penting bagi kehidupan manusia.

4. Batubara

Batu bara adalah batuan sedimen yang dapat terbakar, terbentuk dari endapan organik, utamanya adalah sisa-sisa tumbuhan dan terbentuk melalui proses pembatubaraan. Batubara dapat menghasilkan gas alami yang dimanfaatkan menjadi berbagai produk, seperti bahan bakar industri dan produk hidrogen.

5. Geotermal

Geotermal dikenal energi yang berasal dari panas bumi. Energi dari geotermal juga bisa digunakan untuk pembangkit listrik. Sumber daya alam ini termasuk yang dapat diperbaharui lebih bersih dan ramah lingkungan. Energi ini memang belum banyak digunakan karena masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.
ADVERTISEMENT
Itulah tadi 5 contoh sumber daya alam di dunia ini. Masih banyak sekali contoh sumber daya alam yang sehari-hari digunakan manusia untuk menunjang kehidupannya. Namun, sebaiknya belajar untuk menggunakan semua secara bijak dan tepat. (DVA)