5 Jenis Sepatu Pria dan Fungsinya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
21 Agustus 2023 13:07 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi gambar jenis sepatu pria. Sumber foto: pixabay/arvndvisual
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi gambar jenis sepatu pria. Sumber foto: pixabay/arvndvisual
ADVERTISEMENT
Jenis sepatu pria memiliki tipe yang beraneka macam menyesuaikan dengan kebutuhan fashion yang semakin berkembang. Selain sebagai pelindung kaki, penggunaan sepatu memiliki fungsi lain yaitu memberikan nilai tambah terhadap penampilan laki-laki.
ADVERTISEMENT
Sepatu bukan lagi sekadar alas kaki (footwear). Di tengah kemajuan teknologi dan mode, pemakaian sepatu kini telah merambah menjadi bagian dari style dalam kegiatan sehari-hari.
Tidak heran apabila sepatu di pasaran kini memiliki berbagai pilihan untuk segala aktivitas. Bukan hanya untuk kalangan wanita saja, sepatu pria juga dirancang khusus agar dapat memberikan kenyamanan dan performa terbaik bagi pemakainya.

Jenis Sepatu Pria

Ilustrasi gambar jenis sepatu pria. Sumber foto: pixabay/Justcreativestock
Jenis sepatu pria dapat mencerminkan kepribadian penggunanya, mulai dari kesan kasual hingga formal. Namun, tentunya pemilihan sepatu bukan hanya tentang gaya. Tetapi lebih mengedepankan aspek fungsional.
Menurut buku Komunikasi Pendidikan, Nofrion, (2016 : 198), sepatu adalah komponen berpakaian yang tidak bisa dianggap sepele. Walaupun sering disebut sebagai komponen penutup atau "closing component", sepatu patut diperhatikan agar bisa menjadi penutup yang baik. Beberapa kaidah dalam pemilihan sepatu, yaitu sesuaikan dengan kepribadian, sesuaikan dengan keperluan, dan sesuaikan dengan kemampuan.
ADVERTISEMENT
Untuk memahami tentang tipe sepatu seperti apakah yang paling sesuai dengan kebutuhan, berikut ini penjelasan jenis sepatu pria yang tersedia dan fungsinya.

1. Sepatu Boots

Dengan gaya klasik hingga sentuhan modern yang khas, membuat sepatu boots memperoleh perhatian di dunia mode. Terdapat berbagai macam jenis sepatu boots yang dapat menjadi aksesori fesyen pria.
Untuk tampil dengan percaya diri cowboy boots dan chelsea boots dapat menjadi pilihan yang tepat. Tetapi, jika ingin menambahkan kesan kharismatik jenis chukka boots hingga hiking boots ialah referensi yang sesuai.

2. Sepatu Sneakers

Sepatu sneakers (sepatu kets) merupakan salah satu jenis sepatu pria yang cukup populer. Menghadirkan kesan kasual dan nyaman membuat sneakers banyak diminati.
Selain itu, dengan desain yang beragam, memungkinkan setiap orang dapat memilih jenis kets sesuai dengan gaya dan karakter masing-masing.
ADVERTISEMENT

3. Sepatu Loafers

Sepatu lofers adalah sepatu tanpa tali dengan desain slipt-on, sehingga mudah digunakan. Terdapat gesper atau tali yang melintang pada bagian atas sepatu menjadikan loafers sangat khas dan mudah dikenali.
Diketahui bahwa loafer juga memiliki beberapa tipe yang populer, antara lain jenis tassle loafer, horsebit loafer, dan penny loafer. Yang memiliki karakteristik yang berbeda di setiap desainnya.

4. Sepatu Monkstrap

Monkstrap merupakan salah satu jenis sepatu pria yang memiliki ciri khas adanya tali pengikat. Dengan desain yang klasik menjadikan model sepatu pria ini banyak digemari. Selain cocok dikenakan untuk berbagai acara, baik formal maupun semi formal monkstrap juga praktis untuk digunakan.

5. Sepatu Mokasin

Sepatu mokasin atau juga dikenal dengan istilah moccasin adalah sepatu yang terbuat dari bahan kulit maupun imitasi. Tidak hanya dipakai oleh kalangan laki-laki, moccasin juga bisa dikenakan oleh wanita.
ADVERTISEMENT
Mokasin memiliki model seperti flat shoes, lantaran bagian solnya tanpa hak dan bentuknya rata. Sehingga sangat pas apabila digunakan untuk melakukan aktivitas di luar seperti berbelanja, rekreasi, maupun jalan-jalan.
Dengan mengetahui jenis sepatu pria dan fungsinya, tentunya dapat memberikan gambaran tentang model sepatu yang paling sesuai untuk dikenakan. (Riyana)