5 Manfaat Tidur Siang bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
8 Juni 2023 15:29 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi manfaat tidur siang. Sumber: ZohreNemati/unsplash.com.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi manfaat tidur siang. Sumber: ZohreNemati/unsplash.com.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Manfaat tidur siang itu cukup banyak. Tapi bagi orang dewasa di Indonesia, kadang hal itu dianggap sebagai suatu kemalasan. Siang adalah waktunya bekerja.
ADVERTISEMENT
Islam menganjurkan tidur siang yang dinamakan qailulah. Sedangkan di Spanyol ada yang dinamakan siesta. Karena itu, menarik sekali untuk mengatahui apa sebenarnya manfaat dari tidur siang itu.

5 Manfaat Tidur Siang

Ilustrasi manfaat tidur siang. Sumber: GregoryPappas/unsplash.com.
Para ahli menyebutkan bahwa manfaat tidur siang itu bisa dirasakan secara fisik maupun mental. Tidur siang yang dimaksudkan tersebut juga tidak perlu terlalu lama, cukup satu jam saja.
Berikut adalah 5 manfaat tidur siang yang dikutip dari Hidup Sehat, Kinerja Melejit, Heru Setyaka (2016:111).

1. Meningkatkan Produktivitas Kerja

Menurut penelitian, tidur siang dapat meningkatkan produktivitas kerja karena dapat mengurangi tingkat hormon perusak yang berlebih pada darah akibat aktivitas otak dan otot.
Tidur sebentar di siang hari dapat membuat otat lentur dan mengembalikan kapasitas berpikir otak sehingga produktivitas kembali penuh. Namun, hanya kantor yang menyediakan ruang tidur.
ADVERTISEMENT

2. Mencegah Insomnia

Insomnia merupakan penyakit susah tidur di malam hari. Umumnya insomnia disebabkan banyak pikiran dan kelelahan. Orang yang terlalu capek justru susah tidur. Tidur siang dapat mengurangi penumpukan rasa lelah di malam hari.
Bagi pekerja yang harus masuk pagi, insomnia akan mengganggu kinerja keesokan harinya akibat kurang tidur.

3. Menurunkan Stres

Berdasarkan hasil penelitian dari Allegheny College di Amerika Serikat, tidur selama 45 - 60 menit dapat menurunkan tekanan darah akibat stres dan tekanan pekerjaan.
Setelah bangun tidur, orang akan tampak segar dan hormon stres turun.

4. Menyehatkan Jantung

Tidur siang juga dapat mengurangi resiko stroke atau serangan jantung. Sebuah penelitian di Yunani membuktikan bahwa orang yang tidur siang selama 30 menit sebanyak 3 kali dalam seminggu mampu menurunkan resiko penyakit kardiovaskuler sebanyak 37%.
ADVERTISEMENT
Tidur siang juga dapat mempercepat pemulihan kardiovaskuler karena stres.

5. Meningkatkan Kinerja Memori

Tidur siang dianjurkan bagi yang kemampuan memorinya menurun. Tidur siang dapat mengendurkan stres sehingga otak lebih santai dan mempu mengingat kembali hal-hal penting untuk dikerjakan. Orang cenderung membuat kesalahan lebih banyak ketika kurang tidur.
Itulah 5 manfaat tidur siang yang patut dicoba agar hidup lebih tenang. Penting untuk dicatat bahwa tidur siang tidak perlu terlalu lama agar tidak benar-benar menjadi pemalas. (LUS)