6 Manfaat Kelapa Muda untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
8 Juni 2023 13:20 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi 6 Manfaat kelapa muda untuk kesehatan tubuh dan kulit. Foto: pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi 6 Manfaat kelapa muda untuk kesehatan tubuh dan kulit. Foto: pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Air kelapa muda adalah minuman kesegaran yang memiliki eksistensi stabil sejak jaman dahulu. Bahkan saat ini, air kelapa muda banyak dikonsumsi sebagai cairan pengganti tubuh setelah berolah raga. Selain rasa alami yang banyak digemari, manfaat kelapa muda bagi kesehatan juga cukup masif.
ADVERTISEMENT
Air kelapa muda memiliki ciri rasa yang khas. Kita sudah bisa mendapati adanya sedikit manis karena air kelapa muda sudah mengandung gula, mineral, garam, dan protein, sehingga tidak perlu menambahkan gula atau bahan perasa lain dalam mengonsumsinya.

Manfaat Kelapa Muda untuk Kesehatan Tubuh

Ilustrasi 6 Manfaat kelapa muda untuk kesehatan tubuh dan kulit. Foto: pixabay
Dari berbagai nutrisi yang dikandung olehnya, berikut ini adalah sejumlah manfaat air kelapa muda untuk kesehatan tubuh yang disebutkan pada jurnal review dengan judul Coconut water uses, composition and properties: a review (2012).

1. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh

Air kelapa muda banyak mengandung elektrolit berupa natrium dan kalium. Inilah yang menjaga cairan tubuh tetap seimbang.

2. Menurunkan tekanan darah dan mencegah penyakit jantung

Selain bertugas untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, kalium yang cukup tinggi pada air kelapa muda juga dapat mengurangi tegangnya otot pembuluh darah sehingga tercipta tekanan darah yang stabil. Dengan demikian, tubuh akan terhindar dari penyakit jantung.
ADVERTISEMENT

3. Menurunkan kadar gula darah

Kadar insulin dalam tubuh dapat distabilkan oleh magnesium, kalium dan L-arginin yang terdapat pada air kelapa muda.

4. Mencegah kanker

Antioksidan yang terkandung dalam air kelapa dapat menghalau radikal bebas, sehingga radikal bebas tidak akan melakukan perusakan pada sel-sel di dalam tubuh.

5. Melancarkan pencernaan

Kandungan magnesium pada air kelapa dapat meningkatkan fungsi otot di saluran pencernaan, sehingga air kelapa juga merupakan solusi pencahar alami

Manfaat Kelapa Muda untuk Kesehatan Kulit

Ilustrasi 6 Manfaat kelapa muda untuk kesehatan tubuh dan kulit. Foto: pixabay
Selain bisa memberikan manfaat untuk organ dalam tubuh, air kelapa muda juga bermanfaat untuk kesehatan kulit, di antaranya untuk membuat kulit lebih halus serta mencegah penuaan dini. Air kelapa juga mengandung sitokinin. Sitokinin inilah yang berfungsi sebagai pengatur pertumbuhan, perkembangan, dan penuaan sel kulit.
ADVERTISEMENT
Air kelapa muda kini tersedia dalam banyak bentuk minuman kemasan. Tetapi sebaiknya kita memilih kelapa muda alami supaya bisa mendapat manfaat kelapa muda secara maksimal dan tanpa tambahan bahan pengawet.
(REY)