5 Manfaat Vitamin C untuk Kulit

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
1 September 2023 17:33 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Manfaat Vitamin C untuk Kulit. Sumber: Unsplash/Lesly Juarez
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Manfaat Vitamin C untuk Kulit. Sumber: Unsplash/Lesly Juarez
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Vitamin C adalah salah satu vitamin yang terkenal bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, vitamin ini juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Memiliki kulit sehat adalah keinginan semua orang. Lantas, apa saja manfaat vitamin C untuk kulit?
ADVERTISEMENT
Salah satu manfaatnya adalah bisa menghaluskan kulit. Selain itu, masih ada banyak manfaat dari vitamin C lainnya yang sayang untuk dilewatkan.

Manfaat Vitamin C untuk Kulit

Ilustrasi Manfaat Vitamin C untuk Kulit. Sumber: Unsplash/Diana Polekhina
Dikutip dari 56 Makanan Ajaib dan Manfaatnya untuk Kesehatan dan Kecantikan, Arianto (2018:51), vitamin C adalah jenis vitamin larut air yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin C bisa menjaga struktur kolagen dalam tubuh dan juga merupakan antioksidan yang sangat bermanfaat.
Vitamin C juga sangat bagus untuk kulit. Berikut adalah beberapa manfaat vitamin C untuk kulit yang perlu diketahui.

1. Menjaga Kelembaban Kulit

Manfaat pertama adalah untuk menjaga kelembaban kulit. Vitamin C mampu menahan air di permukaan kulit sehingga kelembaban kulit bisa terjaga. Oleh karena itu, penggunaan vitamin C sangat bagus untuk orang yang memiliki kulit kering.
ADVERTISEMENT

2. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Paparan sinar Matahari yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan kulit. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah menggunakan produk yang mengandung vitamin C. Vitamin C memiliki sifat antioksidan sehingga bisa membantu melindungi kulit dari sinar UV.

3. Mencerahkan Kulit

Manfaat selanjutnya adalah vitamin C bisa menghambat pembentukan melanin sehingga bisa membantu mencerahkan kulit. Melanin sendiri merupakan pigmen yang berfungsi untuk memberi warna gelap pada kulit, rambut, dan mata.

4. Membantu Memaksimalkan Pembentukan Kolagen

Vitamin C bisa membantu memaksimalkan pembentukan kolagen pada tubuh, termasuk pada kulit. Kolagen adalah jenis protein tidak larut yang fungsinya adalah sebagai pembentuk jaringan kulit dan jaringan lainnya.
Kolagen dalam jumlah yang cukup pada kulit wajah bisa menjaga elastisitas kulit sehingga akan memperlambat timbulnya kerutan dan flek hitam.
ADVERTISEMENT

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Tidak jarang orang menderita jerawat di wajah. Tentunya hal ini sangat mengganggu. Vitamin C bisa membantu mempercepat penyembuhan luka, termasuk luka jerawat.
Beberapa manfaat vitamin C untuk kulit tersebut perlu diketahui agar kesehatan kulit selalu terjaga. Namun, vitamin C harus dikonsumsi secara rutin dan dengan dosis tepat untuk hasil yang maksimal. (KRIS)