7 Fungsi Komputer Server beserta Pengertian dan Jenisnya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
18 Agustus 2023 15:37 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
 Fungsi Komputer Server, foyo: Unsplash/Clay Banks
zoom-in-whitePerbesar
Fungsi Komputer Server, foyo: Unsplash/Clay Banks
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Komputer adalah teknologi yang mampu meringankan pekerjaan manusia. Berbagai pekerjaan bisa selesai dengan komputer, tapi dari jenisnya ada juga yang namanya komputer server. Fungsi komputer server yaitu untuk menyimpan data dalam sistem jaringan.
ADVERTISEMENT
Mengutip dari buku Ringkasan Pengetahuan Sosial karya Rachmat (149:2009), komputer adalah alat elektronik untuk menulis, menghitung dan mengolah data secara cermat sesuai instruksi. Perintah-perintah yang dapat dilakukan komputer, dirancang dengan sedemikian rupa oleh inovasi teknologi yang mumpuni.

Pengertian dan Fungsi Komputer Server

Fungsi Komputer Server, foto: Pixabay/ Paxels
Pengertian server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan (service) tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Fungsi komputer server juga berperan penting untuk berjalannya sistem jaringan.
Server didukung dengan processor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus yang disebut sebagai sistem jaringan operasi atau network operating system.
Mengutip buku Membangun Server dan Jaringan Komputer dengan Linux Ubuntu oleh Zakaria Husen dan M. Syukri Surbakti (2020:1), beberapa fungsi server pada komputer adalah sebagai berikut:
ADVERTISEMENT

Jenis-jenis Komputer Server

Ilustrasi jenis-jenis komputer server. Sumber foto: pexels
Inilah beberapa jenis-jenis komputer server yang perlu diketahui.

1. Web Server

Fungsi dari web server adalah untuk menyimpan file atau data dari website. Apabila klien meminta sebuah permintaan, maka web server akan menjalankan protokol khusus.
ADVERTISEMENT

2. Proxy Server

Proxy server menjadi perantara dari klien dan server ketika terjadi lalu lintas data. Dari proxy akan filter permintaan, lalu mengoptimasi kinerja pada lalu lintas data dan juga berbagi koneksi.

3. Database Server

Di database server inilah yang menjadi wadah pengelolaan data. Server ini akan menjalankan aplikasi database. Kemudian bisa merespon permintaan klien dengan basis data.
Itulah fungsi komputer server beserta pengertian dan jenis-jenisnya yang bisa diketahui. Kelebihan sistem server ini yakni kemampuannya menjalankan database dengan banyak pengguna. Selain itu, keamanan data di setiap stasiunnya terjamin. (Abie)