Konten dari Pengguna

7 Manfaat Hutan Hujan Tropis bagi Masyarakat dan Lingkungan

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
8 Juni 2024 12:38 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Manfaat Hutan Hujan Tropis. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Geranimo
zoom-in-whitePerbesar
Manfaat Hutan Hujan Tropis. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Geranimo
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Salah satu manfaat hutan hujan tropis adalah penghasil oksigen dalam skala besar yang dirasakan oleh mahkluk hidup di bumi. Hutan hujan tropis adalah salah satu ekosistem paling kaya dan kompleks di dunia.
ADVERTISEMENT
Terletak di daerah tropis, hutan ini mencakup wilayah yang luas seperti Amazon di Amerika Selatan, Kongo di Afrika, dan hutan hujan di Asia Tenggara. Hutan hujan tropis memiliki peran yang sangat penting bagi masyarakat dan lingkungan.

Manfaat Hutan Hujan Tropis

Manfaat Hutan Hujan Tropis. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Sebastian
Manfaat hutan hujan tropis bagi masyarakat dan lingkungan sangatlah besar. Dari keanekaragaman hayati hingga pengaturan iklim, sumber daya alam hingga pelestarian budaya, hutan hujan tropis adalah aset berharga yang perlu dijaga dan dilestarikan.
Upaya konservasi dan pengelolaan berkelanjutan menjadi kunci untuk memastikan bahwa hutan hujan tropis terus memberikan manfaat bagi generasi mendatang.
Berikut adalah beberapa manfaat hutan hujan tropis bagi masyarakat dan lingkunga.

1. Keanekaragaman Hayati

Dikutip dari buku Dunia Flora, Panuwun (2024), hutan hujan tropis adalah rumah bagi jutaan spesies tumbuhan, hewan, dan mikroorganisme. Keanekaragaman hayati ini sangat penting untuk menjaga keseimbangan ekosistem global.
ADVERTISEMENT
Banyak spesies yang hidup di hutan hujan tropis belum ditemukan dan dipelajari. Sehingga potensi untuk menemukan obat-obatan baru dan inovasi bioteknologi sangat besar.

2. Pengaturan Iklim Global

Hutan hujan tropis berfungsi sebagai penyerap karbon yang efektif, membantu mengurangi jumlah karbon dioksida di atmosfer dan mengurangi efek perubahan iklim. Pohon-pohon di hutan ini menyerap karbon dioksida selama fotosintesis.
Kemudian menyimpannya sebagai biomassa. Dengan demikian, hutan hujan tropis memainkan peran penting dalam mengatur iklim global dan menjaga suhu bumi tetap stabil.

3. Sumber Air Bersih

Hutan hujan tropis berperan penting dalam siklus air global. Hutan ini membantu menjaga kelembaban udara, mengatur aliran air, dan memengaruhi curah hujan. Hutan ini juga berfungsi sebagai penyaring alami.
Hutan ini menyaring air hujan yang masuk ke sungai dan danau. Sehingga menyediakan sumber air bersih bagi masyarakat yang tinggal di sekitarnya.
ADVERTISEMENT

4. Sumber Daya Alam

Hutan hujan tropis menyediakan berbagai sumber daya alam yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Termasuk kayu, buah-buahan, getah, dan tanaman obat.
Banyak masyarakat adat yang bergantung pada hutan hujan untuk kelangsungan hidupnya, baik sebagai sumber pangan maupun bahan bangunan. Selain itu, banyak industri modern yang juga bergantung pada produk-produk hutan hujan untuk bahan baku.

5. Pelestarian Budaya dan Pengetahuan Tradisional

Bagi banyak masyarakat adat, hutan hujan tropis bukan hanya sumber daya alam, Namun juga bagian penting dari budaya dan identitas masyarakat setempat.
Pengetahuan tradisional tentang cara memanfaatkan dan melestarikan hutan secara berkelanjutan sering kali diturunkan dari generasi ke generasi. Pelestarian hutan hujan tropis berarti juga melestarikan budaya dan pengetahuan ini.

6. Stabilitas Ekosistem

Hutan hujan tropis berperan penting dalam menjaga stabilitas ekosistem. Hutan ini membantu mengurangi erosi tanah, mencegah banjir, dan menjaga kesuburan tanah.
ADVERTISEMENT

7. Proses Fotosintesis

Hutan hujan tropis menghasilkan oksigen melalui proses fotosintesis. Pohon-pohon dan tanaman di hutan ini menyerap karbon dioksida (CO2) dari atmosfer dan, dengan bantuan sinar matahari, mengubahnya menjadi glukosa dan oksigen (O2).
Proses ini terjadi di dalam kloroplas, yang mengandung klorofil, pigmen yang memungkinkan tanaman menyerap energi dari cahaya. Sebagai hasil dari fotosintesis, oksigen dilepaskan ke atmosfer, menyediakan udara yang manusia hirup setiap hari.
Demikianlah beberapa manfaat hutan hujan tropis yang perlu diketahui masyarakat. (Msr)