7 Manfaat Hutan Kota bagi Masyarakat dan Lingkungan

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
8 Juni 2024 14:29 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi untuk manfaat hutan kota. Sumber: pexels.com/Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi untuk manfaat hutan kota. Sumber: pexels.com/Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Salah satu manfaat hutan kota adalah menekan polusi udara. Selain manfaat ini, ada banyak lagi manfaat hutan kota bagi masyarakat dan lingkungan. Hutan kota juga dapat menambah keindahan kota dengan kehijauannya.
ADVERTISEMENT
Keberadaan hutan kota juga dapat dijadikan sebagai ruang publik dan sarana rekreasi warga kota. Hutan kota dapat dijadikan sebagai tempat untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari.

7 Manfaat Hutan Kota

Ilustrasi untuk manfaat hutan kota. Sumber: pexels.com/Jill Evans
Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2002 tentang Hutan Kota, definisi hutan kota adalah suatu hamparan lahan yang bertumbuhan pohon-pohon yang kompak dan rapat di dalam wilayah perkotaan, baik pada tanah negara atau tanah hak, yang ditetapkan sebagai hutan kota oleh pejabat yang berwenang.
Tujuan penyelenggaraan hutan kota adalah untuk kelestarian, keserasian dan keseimbangan ekosistem perkotaan yang meliputi unsur lingkungan, sosial, dan budaya.
Hutan kota memiliki banyak manfaat bagi masyarakat dan lingkungan kota. Menurut buku The Secret of Green Marketing Property For Competitive Advantage oleh Muzaache (2021: 114), manfaat hutan kota adalah sebagai berikut:
ADVERTISEMENT

1. Manfaat Estetika

Hutan kota yang ditumbuhi oleh bermacam-macam tanaman memiliki nilai estetika karena kehijauan hutan tersebut yang dipenuhi oleh aneka bentuk daun, ranting, cabang, serta bunga yang terpadu menjadi suatu pemandangan yang menyejukkan dan indah dipandang mata.

2. Manfaat Ekologis

Manfaat ekologis yang diberikan hutan kota adalah tercapainya keserasian lingkungan antara tanaman satwa maupun manusia dan sebagai habitat satwa, seperti burung-burung dan perlindungan plasma nutfah.

3. Manfaat Klimatologis

Manfaat klimatologis adalah terciptanya iklim mikro, seperti kelembapan udara, suhu udara, dan curah hujan sehingga dapat mencapai iklim yang stabil dan sehat.

4. Manfaat Hidrologis

Hutan kota dapat menyerap kelebihan air pada saat musim hujan sehingga dapat mencegah terjadinya banjir dan menjaga kestabilan air tanah, khususnya pada musim kemarau.

5. Manfaat Protektif

Pepohonan di hutan kota berfungsi sebagai pelindung dari pancaran sinar matahari dan penahan angin. Pohon juga dapat meredam kebisingan dengan cara menyerap gelombang suara dengan daun, cabang, dan ranting.
ADVERTISEMENT

6. Manfaat Higienis

Pencemaran udara perkotaan dapat menyebabkan dampak negatif bagi kualitas lingkungan dan kesehatan makhluk hidup. Pepohonan yang ada di hutan kota dapat membantu membersihkan poluten dan partikel padat yang tersuspensi pada lapisan biosfer bumi melalui proses serapan dan jerapan.

7. Manfaat Edukatif

Hutan kota dapat dijadikan sebagai sarana mempelajari berbagai jenis peopohonan dan satwa khususnya burung-burung yang sering ditemui di kawasan hutan kota.
Itulah penjelasan mengenai tujuh manfaat hutan kota. Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa hutan kota memiliki banyak peranan dan manfaat yang penting bagi masyarakat dan lingkungan perkotaan.(IND)