8 Ciri-ciri Awal Kehamilan yang Penting Diketahui

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
16 Agustus 2023 15:34 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi ciri-ciri awal kehamilan. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ciri-ciri awal kehamilan. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ciri-ciri awal kehamilan penting untuk diketahui oleh setiap wanita dan calon ibu. Semakin cepat menyadari keberadaan janin di dalam kandungan, maka semakin baik pula persiapan dalam mengoptimalkan pertumbuhannya.
ADVERTISEMENT
Pada awal kehamilan, seorang wanita akan mengalami perubahan baik fisik maupun psikologisnya. Gejala tersebut membantu dalam mengetahui ciri atau tanda atas kehadiran si janin.

Ciri-ciri Awal Kehamilan

Ilustrasi ciri-ciri awal kehamilan. Foto: Pexels
Mengutip dari buku Pintar Ibu Hamil karya Tim Naviri (2011:24), berikut ini ciri-ciri awal kehamilan yang perlu diketahui setiap wanita atau calon ibu.

1. Siklus Mentruasi Terlewat

Ini merupakan ciri utama kehamilan, karena sel telur yang biasa luruh dalam menstruasi, kini telah dibuahi dan menjadi cabang bayi, sehingga datang bulan pun terhenti.
Namun, adakalanya menstruasi yang terhenti tidak secara otomatis menjadi tanda kehamilan, karena ada wanita yang menstruasinya tidak teratur.

2. Sering Buang Air Kecil

Ciri-ciri awal kehamilan, ibu hamil cenderung lebih sering ke kamar mandi untuk buang air kecil. Hal ini terjadi karena meningkatnya sirkulasi darah dan cairan dalam tubuh, juga tekanan pada saluran kemih akibat membesarnya uterus.
ADVERTISEMENT

3. Selera Makan yang Tidak Biasa

Seorang ibu hamil cenderung merasakan ngidam terhadap sesuatu. Mereka akan menginginkan makanan-makanan tertentu yang tidak biasa, khususnya yang berasa asam dan segar untuk meredam atau meredakan rasa mual.

4. Kenaikan Suhu Tubuh

Pada masa awal kehamilan, seorang calon ibu cenderung mengalami kenaikan suhu tubuh menjadi lebih hangat.

5. Mudah Lelah

Mudah lelah dan tidak bersemangat bisa menjadi salah satu tanda kehamilan. Terjadinya peningkatan kadar hormon progesteron pada awal kehamilan diduga menjadi penyebab rasa kantuk yang biasa dialami calon ibu hamil.

6. Penciuman Lebih Sensitif

Banyak ibu hamil yang merasa percumanya menjadi lebih sensitif, khususnya pada aroma tertentu. Kemungkinan hal ini terjadi karena meningkatnya kadar estrogen secara drastis dalam sistem tubuh.

7. Perubahan pada Bentuk Payudara

Pada waktu kehamilan terjadi, muncul beberapa perubahan pada bentuk payudara. Biasanya ini terjadi karena meningkatnya kadar hormon yang biasa terjadi satu minggu setelah haid terlambat.
ADVERTISEMENT

8. Merasa Mual dan Muntah di Pagi Hari

Ini merupakan ciri yang umum terjadi pada ibu hamil, terutama pada tiga bulan pertama kehamilan. Pada waktu-waktu tersebut, ibu hamil akan merasa lebih sensitif terhadap bau-bauan tajam, dan kemudian merasa mual dan muntah.
Itulah pembahasan mengenai ciri-ciri awal kehamilan yang penting untuk diketahui oleh wanita dan calon ibu. Jika tidak yakin dengan tanda kehamilan yang telah disebutkan di atas, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. (NTA)