8 Contoh Sikap Wujud Menghargai Keberagaman dalam Kehidupan Sehari-hari

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
24 November 2023 17:13 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi wujud menghargai keberagaman - Sumber: unsplash.com/@p_kuzovkova
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi wujud menghargai keberagaman - Sumber: unsplash.com/@p_kuzovkova
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Wujud menghargai keberagaman dapat ditunjukkan melalui berbagai sikap dan tindakan. Contoh sikap dan tindakan tersebut memang sebaiknya dimiliki oleh setiap orang untuk diterapkan dalam kehidupan.
ADVERTISEMENT
Dengan begitu, akan membantu menciptakan lingkungan yang inklusif. Setiap individu bisa merasa diterima dan dihargai, tanpa perlu memandang adanya perbedaan latar belakang.

Contoh Sikap Sebagai Bentuk Wujud Menghargai Keberagaman

Ilustrasi wujud menghargai keberagaman - Sumber: unsplash.com/Adrian Hartanto
Berdasarkan buku Explore Ilmu Pengetahuan Sosial Jilid 2 untuk SMP/MTs Kelas VIII, Dwi Sumpani Wati, S.S., 2019, menghargai keberagaman adalah suatu sikap yang penting dalam membangun masyarakat yang harmonis.
Berikut adalah beberapa contoh sikap wujud menghargai keberagaman yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Sikap Toleransi

Menunjukkan toleransi berarti dapat menerima dan menghormati perbedaan pendapat, keyakinan, dan budaya. Ini akan menciptakan lingkungan yang lebih terbuka dan ramah terhadap keberagaman.

2. Memiliki Empati

Memiliki dan mampu mengembangkan sikap empati artinya berusaha memahami perasaan, pengalaman, dan pandangan orang lain. Terutama yang berasal dari latar belakang atau budaya yang berbeda.
ADVERTISEMENT

3. Berpartisipasi dalam Acara Keagamaan atau Budaya Lain

Menghadiri acara keagamaan atau budaya yang berbeda dapat menjadi tindakan konkret untuk menunjukkan penghargaan terhadap keberagaman. Kegiatan ini menciptakan kesempatan untuk berinteraksi dengan orang-orang dari latar belakang yang berbeda.

4. Menghormati Hari Raya atau Upacara Adat

Memberikan penghormatan terhadap hari raya atau upacara adat orang lain adalah cara positif untuk menunjukkan penghargaan. Tindakan ini menunjukkan bahwa perbedaan agama atau adat bukanlah suatu bentuk ancaman.

5. Kerjasama Antarbudaya

Terlibat dalam kegiatan atau proyek yang melibatkan kerjasama antarbudaya membuka peluang untuk memahami dan menghargai perbedaan. Ini dapat dilakukan di tempat kerja, di sekolah, atau dalam masyarakat.

6. Edukasi Tentang Keberagaman

Menyediakan waktu untuk memahami dan mempelajari budaya, agama, dan tradisi orang lain dapat mengubah sikap menjadi lebih terbuka. Ini akan membuat banyak orang lebih mudah memahami dan menghargai keberagaman.
ADVERTISEMENT

7. Menyuarakan Keadilan Sosial

Contoh wujud menghargai berikutnya adalah sikap menentang diskriminasi dan ketidaksetaraan. Termasuk juga mendukung prinsip-prinsip keadilan sosial membantu menciptakan masyarakat yang adil dan merata bagi semua.

8. Tidak Menyinggung Unsur SARA dalam Kehidupan

Tidak membedakan individu berdasarkan aspek suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) adalah langkah penting dalam persatuan dan kesatuan. Setiap orang harus mengadopsi sikap toleransi dan mengedepankan semangat cinta damai.
Menerapkan sikap-sikap wujud menghargai keberagaman ini dalam kehidupan sehari-hari adalah hal penting. Nantinya akan dapat berkontribusi untuk membangun masyarakat yang menghargai keberagaman dan memperkuat ikatan sosial di tengah perbedaan. (DNR)