Konten dari Pengguna

8 Manfaat Nasi Merah untuk Kesehatan Tubuh

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
15 Agustus 2023 11:14 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi manfaat nasi merah untuk kesehatan tubuh. Sumber; Pixabay/EzBom
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi manfaat nasi merah untuk kesehatan tubuh. Sumber; Pixabay/EzBom
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Walaupun keberadaan nasi merah tidak begitu terkenal seperti beras putih, tapi beras merah diyakini memiliki manfaat yang lebih banyak dibanding dengan beras putih. Manfaat nasi merah salah satunya yaitu mengontrol kadar gula darah.
ADVERTISEMENT
Keunggulan nasi merah terletak pada komposisi nutrisi yang dimilikinya. Beras merah tinggi akan kandungan alaeuron yang menghasilkan gen antosianin yang menjadi sumber warna merah pada beras.

Manfaat Nasi Merah untuk Kesehatan Tubuh

Ilustrasi manfaat nasi merah uuntuk kesehatan tubuh. Sumber: Pixabay/Jirreaux
Nutrisi penting yang ada pada nasi merah seperti serat, asam lemak esensial, vitamin B kompleks, serta mineral terkandung pada bagian kulit ari beras merah. Antioksidan yang terdapat dalam nasi merah juga berperan penting dalam menangkal radikal bebas dalam tubuh.
Dalam buku 56 Makanan Ajaib dan Manfaatnya untuk Kesehatan dan Kecantikan oleh Yusuf CK Arianto (2018:62-64) dijelaskan bahwa nasi merah memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Berikut penjelasannya.

1. Menjaga Kesehatan Jantung dan Sistem Saraf

Kandungan tiamin nasi merah yang cukup tinggi bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Contohnya seperti menjaga kesehatan jantung, sistem syaraf, mencegah penyakit beri-beri serta melancarkan pencernaan.
ADVERTISEMENT

2. Menangkal Penyakit Kanker dan Hipertensi

Enzim antosianin maupun kandungan minyak esensial dalam nasi merah berperan menurunkan kadar kolesterol jahat, meningkatkan kadar kolesterol baik, serta mengontrol tekanan darah tinggi sehingga sangat baik untuk menangkal risiko terkena kanker dan hipertensi.

3. Menangkal Penyakit Diabetes

Kandungan magnesium maupun rendahnya glikemik dalam nasi merah sangat berguna dalam mengurangi maupun mengontrol kadar gula darah dalam tubuh sehingga dapat menekan risiko terkena penyakit diabetes.

4. Mengatasi Penyakit Asma

Kandungan magnesium pada nasi merah berguna dalam mengatur pernapasan tubuh dan menangkal gangguan asma. Karena itu konsumsi secara berkala akan memberikan manfaat nasi merah dalam membantu mengatasi penyakit asma.

5. Menurunkan Berat badan

Kandungan seratnya yang tinggi juga berguna dalam melancarkan pencernaan, meningkatkan metabolisme tubuh, membuat kenyang lebih lama, dan menekan risiko terkena penyakit kanker usus.
ADVERTISEMENT
Sehingga mengonsumsi nasi merah baik untuk membantu program diet, menurunkan berat badan maupun untuk mencegah terjadinya obesitas atau kegemukan.

6. Mengatasi Problem Pascamenopause

Konsumsi nasi merah secara rutin juga baik untuk mengatasi berabagi problem kesehatan wanita pascamenopause, seperti tekanan darah tinggi, gejala penyakit jantung, ataupun masalah kolesterol.

7. Penambah Darah

Nasi mengandung vitamin B6 yang cukup tinggi dan ini sangat dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah sehingga sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan darah dalam tubuh maupun untuk menjaga kesehatan.

8. Mencegah Osteoporosis dan Menajaga Kesehatan Tulang

Nasi merah juga mengandung banyak mineral penting yang sangat berguna dalam mencukupi kebutuhan nutrisi tulang dan membuat tulang menjadi lebih padat dan lebih kuat.
Mengonsumsinya secara rutin akan memberikan manfaat nasi merah dalam mecegah terjadinya pengeroposan pada tulang atau osteoporosis.
ADVERTISEMENT
Itu tadi manfaat nasi merah untuk kesehatan tubuh yang perlu diketahui. Walaupun nasi merah banyak memiliki manfaat, mengonsumsinya dalam jumlah yang tidak berlebihan tetap disarankan untuk menghindari efek samping. (MRZ)