Angin Pasat: Pengertian dan Arah Tiupannya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
11 Juni 2024 17:30 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Angin pasat adalah. Sumber: unsplash.com/ Fer Nando
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Angin pasat adalah. Sumber: unsplash.com/ Fer Nando
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Di dunia, terdapat beberapa jenis angin yang bertiup di permukaan bumi, salah satunya angin pasat. Angin pasat adalah angin yang berhembus tetap sepanjang tahun dengan arah tiupan dari kawasan subtropis menuju ekuator.
ADVERTISEMENT
Angin tersebut lebih mudah dikenali dari kedatangannya dan tiupannya yang berkala. Ada waktu-waktu tertentu bagi angin pasat untuk berhembus yang arahnya menuju ke bagian garis khatulistiwa.

Pengertian Angin Pasat serta Arah Bertiupnya

Ilustrasi Angin pasat adalah. Sumber: unsplash.com/ Khamkéo Vilaysing
Menurut buku Tim Guru Indonesia Buku Pintar Pelajaran Ringkasan Materi Lengkap dan Kumpulan Rumus Lengkap karya Drs. Joko Untoro (hal. 295), pengertian angin merupakan udara yang bergerak dari daerah bertekanan tinggi ke daerah yang bertekanan rendah.
Macam-macam angin ada banyak, seperti angin darat, angin laut, angin gunung, angin lembah, angin jatuh hingga angin pasat. Angin pasat adalah angin yang tiupannya tetap di sepanjang tahun. Arah tiupannya dari daerah subtropik ke arah khatulistiwa.
Angin pasat meskipun bertiup tetap sepanjang tahun, namun memiliki kekuatan yang berbeda-beda. Ada yang kekuatannya kecil hingga besar.
ADVERTISEMENT
Adapun angin jenis ini memiliki dua sisi, yaitu sisi positif yang bermanfaat dan sisi negatif yang merugikan. Kerugiannya apabila kekuatan hembusan angin terlampau besar maka dapat menimbulkan kerusakan alam.
Arah tiupan anginnya yang berasal dari kawasan subtropis menuju ke area tengah bumi akan mengakibatkan kondisi di daerah subtropis menjadi lebih kering dibandingkan daerah lainnya.
Karena angin pasat selalu ada sepanjang tahun, maka manusia dapat memanfaatkan kehadirannya sebagai pembangkit listrik tenaga angin. Contohnya seperti kincir angin di Belanda yang sebenarnya bukan hanya hiasan atau ikon daerah.
Keberadaan angin pasat ini juga menguntungkan bagi para pelaut. Dengan hembusan kekuatan angin yang selalu bertiup secara berkala itu, pelaut maupun nelayan dapat menggunakannya untuk berlayar.
ADVERTISEMENT
Pemanfaatan angin pasat untuk berlayar telah dilakukan sejak zaman dahulu oleh pelaut yang berlayar dari Benua Eropa atau Afrika ke arah Amerika.
Angin pasat adalah angin yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Tetapi, apabila kekuatannya terlalu besar juga dapat menimbulkan kerugian. (IMA)