Apa Saja Musim yang Terjadi di Negara Tropis? Ini Penjelasannya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
1 Maret 2024 16:59 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Apa Saja Musim yang Terjadi di Negara Tropis? Sumber: Pixabay/Studio_iris
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Apa Saja Musim yang Terjadi di Negara Tropis? Sumber: Pixabay/Studio_iris
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Apa saja musim yang terjadi di negara tropis? Pertanyaan ini mungkin pernah terlintas di pikiran, terlebih Indonesia termasuk ke dalam negara tropis.
ADVERTISEMENT
Pada dasarnya, musim adalah rentang waktu yang di dalamnya terdapat fenomena cuaca yang dominan. Adapun di negara tropis seperti Indonesia memiliki cuaca tertentu yang kerap mendominasi di waktu tertentu.

Apa Saja Musim yang Terjadi di Negara Tropis?

Ilustrasi Apa Saja Musim yang Terjadi di Negara Tropis? Sumber: Pixabay/Michelle_Raponi
Dikutip dari buku Gembira Belajar Sains, Jaka Wismono dan Riyanto (2004:186), di daerah khatulistiwa, seperti di Indonesia, negara tropis hanya mengalami dua musim, yaitu musim penghujan dan musim kemarau.
Seperti namanya, musim penghujan merupakan musim di mana hari-hari banyak terjadi hujan. Sebaliknya, saat musim kemarau jarang sekali turun hujan. Bahkan ada musim kemarau yang sama sekali tidak pernah turun hujan.
Umumnya, musim penghujan terjadi antara bulan November sampai April. Sedangkan musim kemarau terjadi antara bulan Mei sampai bulan Oktober.
ADVERTISEMENT
Agar lebih memahami kedua musim yang ada di negara tropis ini, berikut uraian selengkapnya.

1. Musim Penghujan

Sering pula disebut sebagai musim basah, musim penghujan merupakan jenis musim yang memiliki ciri-ciri meningkatnya curah hujan di suatu wilayah dibandingkan biasanya dalam jangka waktu tertentu secara tetap.
Di negara tropis, bulan musim hujan diartikan sebagai bulan dengan curah hujan rata-rata 60 milimeter atau lebih. Adapun saat curah hujan tinggi, biasanya terjadi pergeseran angin yang dikenal sebagai musim muson.
Penyebab utama yang menyebabkan tingginya curah hujan di musim hujan adalah karena adanya pemanasan di siang hari yang menyebabkan aktivitas badai petir diurnal dalam massa udara lembap yang sudah ada sebelumnya.
Hal ini membuat hujan turun yang umumnya berlangsung pada sore hari menjelang malam hari. Terlebih banyak dari total curah hujan terjadi pada menit-menit pertama hujan.
ADVERTISEMENT

2. Musim Kemarau

Musim kemarau merupakan musim tahunan dengan curah hujan rendah yang sering terjadi di negara tropis. Selama musim kemarau terjadi, curah hujan lebih jarang dan hari-hari biasanya cerah.
Selain itu, sebuah musim baru dapat disebut sebagai musim kemarau apabila curah hujan per bulan di bawah 60 mm per bulan selama tiga dasarian berturut-turut.
Selama musim kemarau, musim yang disebut juga dengan nama musim kering ini akan mengalami kelembaban yang sangat rendah. Hal ini dapat mengakibatkan beberapa lubang air dan sungai mengering yang berdampak pada kehidupan makhluk hidup di dalamnya.
Tidak hanya itu, musim kemarau juga membuat tanah menjadi lebih gersang dan banyak tumbuhan yang mati karena kekurangan air. Banyak pula tumbuhan menahun yang menggugurkan daunnya untuk mengurangi penguapan air.
ADVERTISEMENT
Demikian penjelasan mengenai apa saja musim yang terjadi di negara tropis. Sesuai uraian di atas, terdapat dua musim yang terjadi di negara tropis, yaitu musim penghujan dan musim kemarau. (YAS)