Contoh Kloning Embrio pada Hewan dan Tahapannya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
17 Mei 2024 12:57 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi contoh kloning embrio. Sumber: pexels.com/EdwardJenner.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi contoh kloning embrio. Sumber: pexels.com/EdwardJenner.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Contoh kloning embrio terhadap hewan telah dilakukan berkali-kali untuk kepentingan penelitian. Salah satunya dengan menggunakan embrio katak.
ADVERTISEMENT
Kloning merupakan salah satu bentuk rekayasa genetika yang sering digambarkan kurang benar dalam film-film. Kloning digambarkan dengan munculnya kembaran begitu saja. Padahal secara ilmiah, ada tahapan-tahapan yang harus dilalui.

Contoh Kloning Embrio dan Tahapannya

Ilustrasi contoh kloning embrio. Sumber: unsplash.com/EdwardJenner.
Dikutip dari Biologi Umum untuk Mahasiswa, Hafidha Asni Akmalia dan Dwimei Ayudewandari Pranatami (2021:221), kloning adalah cara perbanyakan individu yang memiliki sifat identik dengan induk, namun tanpa pertemuan sel gamet atau perkawinan induk.
Ada 2 teknik kloning, yaitu kloning embrio dan kloning transfer inti. Berikut adalah pembahasan tentang pengertian dan contoh kloning embrio pada hewan.

1. Pengertian Kloning Embrio

Kloning embrio menggunakan sel telur yang mengalami pembuahan dan telah mencapai tahap embrio. Kloning embrio disebut juga penggandaan sel kembar artifisial. Kloning embrio menimbulkan pro kontra, terutama jika dilakukan pada manusia.
ADVERTISEMENT
Kloning embrio dilakukan di luar tubuh dan dipacu dengan zat kimia untuk merangsang pembelahan sel. Pada teknik ini terjadi penggandaan sel zigot menjadi beberapa sel monozigot. Kesamaan sifat dengan induk dilakukan dengan sengaja di laboratorium.
Kloning mengadopsi proses kelahiran bayi kembar pada manusia. Sedangkan tahapan-tahapan kloning embrio dapat berbeda antara satu makhluk dengan makluk lainnya. Kloning embrio tidak mudah dan tidak selalu berhasil.

2. Tahapan Kloning Embrio

Tahapan kloning embrio yang dilakukan dengan menggunakan embrio katak adalah sebagai berikut:
ADVERTISEMENT
Contoh kloning embrio pada katak di atas menunjukkan bahwa proses kloning membutuhkan proses-proses yang harus dilakukan di laboratorium oleh para ahli. Kloning tidak semudah membuat cetakan. (lus)