Dinamika dan Tantangan Wawasan Nusantara di Era Globalisasi

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
17 Mei 2024 17:16 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi dinamika dan tantangan wawasan nusantara. Sumber foto: Pixabay.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi dinamika dan tantangan wawasan nusantara. Sumber foto: Pixabay.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Dinamika dan tantangan wawasan nusantara merupakan hal yang dapat membangun kesadaran multikultural masyarakat Indonesia. Hal ini perlu dijadikan pedoman agar dapat menghadapi berbagai persoalan yang terkait dengan kehidupan bangsa dan negara.
ADVERTISEMENT
Di era globalisasi, perilaku sebagian individu dalam bermasyarakat dan bernegara telah mengalami banyak perubahan. Hal ini terutama yang menyangkut perubahan ke arah negatif.

Dinamika dan Tantangan Wawasan Nusantara

Ilustrasi dinamika dan tantangan wawasan nusantara. Sumber foto: Pixabay.com
Dikutip dari buku Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Nilai Pancasila dan Ahlussunnah Wal Jama’ah, Muhammad Zainuddin, SH., MH (2020: 162), dinamika wawasan nusantara dapat dilihat dari berbagai sudut pandang.
Hal ini baik yang meliputi secara politik, sosial budaya, ekonomi, serta keamanan negara. Dinamika yang dialami nusantara tidak hanya bersifat regional, melainkan sudah memasuki global.
Dinamika dan tantangan wawasan nusantara di era globalisasi adalah sebagai berikut.

1. Kesadaran Masyarakat

Tantangan yang mendasar dari dinamika wawasan nusantara adalah kesadaran masyarakat. Hal ini dikarenakan era globalisasi berpengaruh membawa perubahan dalam pola kepemimpinan dan partisipasi masyarakat.
ADVERTISEMENT
Tantangan implementasi wawasan Nusantara di era globalisasi dalam aspek ini seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya yaitu membangun kesadaran multikultural di kalangan masyarakat.
Dengan memprioritaskan kesadaran tersebut, masyarakat dapat lebih siap menghadapi dinamika global untuk membangun fondasi yang kuat sebagai bentuk kerja sama lintas budaya yang menguntungkan.

2. Pesatnya Perkembangan Teknologi

Tantangan selanjutnya dalam dinamika wawasan sosial adalah pesatnya perkembangan alat-alat teknologi.
Hal ini dapat terjadi karena pada era globalisasi segala hal yang serba digital membawa dampak positif dan negatif, baik secara langsung maupun tidak langsung.
Perkembangan teknologi dapat memengaruhi seseorang dalam bersikap, berpikir, dan bertindak bagi masyarakat dalam konteks berbangsa dan bernegara.

3. Pendidikan Berbasis Karakter Lokal

Era globalisasi saat ini mampu membawa perubahan dalam sistem pendidikan. Tantangan implementasi berupa wawasan Nusantara di era globalisasi dalam aspek ini yaitu mempertahankan pendidikan yang mencerminkan nilai-nilai lokal dan karakter bangsa.
ADVERTISEMENT
Pendidikan yang berbasis pada nilai-nilai budaya Indonesia perlu diperkuat lagi. Hal ini bertujuan untuk menjaga identitas bangsa di tengah arus globalisasi.
Dinamika dan tantangan wawasan nusantara di era globalisasi merupakan sesuatu yang perlu menjadi perhatian bersama. Hal ini bertujuan agar sumber daya manusia lebih kokoh dan sejahtera. (MAE)