Fungsi Leukosit dan Cara Kerjanya dalam Tubuh Manusia

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
18 Juni 2023 15:06 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Fungsi Leukosit, sumber foto (Julien Trumeur) by unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Fungsi Leukosit, sumber foto (Julien Trumeur) by unsplash.com
ADVERTISEMENT
Tidak banyak orang yang tahu tentang fungsi leukosit dalam tubuh manusia. Padahal leukosit adalah salah satu elemen penting yang dapat membuat sistem tubuh dapat bekerja dengan baik
ADVERTISEMENT
Leukosit atau sel darah putih merupakan sistem pertahanan tubuh yang berperan untuk mencegah terjadinya infeksi ataupun penyakit. Ketika tubuh terserang penyakit, maka jumlah leukosit akan naik sebagai respons dari munculnya penyakit tersebut.

Fungsi Leukosit

Ilustrasi Fungsi Leukosit, sumber foto (Robina Weerjimeer) by unsplash.com
Apa fungsi leukosit dalam tubuh manusia? Mengutip buku Modul Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Edisi Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19 untuk SMP Kelas VIII oleh Mafrur Udhif Nofaizzi (2020), leukosit mempunyai inti yang berbentuk cekung atau bulat.
Jika diamati menggunakan mikroskop, maka sel darah ini tidak mempunyai bentuk yang tetap. Sel-sel leukosit terbentuk di dalam sumsum tulang, limpa, kelenjar limpa, dan jaringan limfe. Leukosit dibedakan menjadi dua golongan, yakni agranular dan granular.
Adapun fungsi dari sel darah ini, yaitu membantu tubuh dalam melawan penyakit dan virus. Leukosit nampak tidak bergerak dalam tubuh manusia. Namun, jika ada zat asing, masuk leukosit akan langsung bekerja untuk melindungi tubuh dari pengaruh buruk zat tersebut.
ADVERTISEMENT
Dikarenakan memiliki fungsi tersebut, maka leukosit bersifat fagosit, yakni bisa memakan zat-zat asing yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, leukosit juga mempunyai kemampuan diapedesis atau masuk ke dinding pembuluh darah kapiler dan menembus sel atau jaringan tubuh.

Cara Kerja Leukosit

Cara kerja leukosit cenderung bebas atau tidak terikat seperti halnya organisme sel tunggal. Leukosit dapat bergerak dengan bebas secara amuboid. Sel darah ini bergerak dengan bebas di dalam dan di luar pembuluh darah maupun sirkulasi tubuh.
Cara kerjanya, yaitu dengan berinteraksi dengan serpihan seluler, zat asing, ataupun mikroorganisme penyusup lainnya.
Leukosit tidak dapat membelah diri ataupun bereproduksi. Hal ini karena sel tersebut merupakan produk dari sel punca hematopoietic pluripotent yang terdapat di sumsum tulang.
ADVERTISEMENT
Secara umum, fungsi leukosit adalah memberantas zat asing di dalam tubuh untuk mencegah berbagai penyakit. Karakteristik umum dari darah ini adalah tidak berwarna, mempunyai inti, bisa bergerak dengan amoeboid. (DLA)