Jumlah Satelit Saturnus dalam Sistem Tata Surya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
2 April 2024 11:26 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi jumlah satelit saturnus. Sumber: pexels.com/ZCH
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi jumlah satelit saturnus. Sumber: pexels.com/ZCH
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Saturnus adalah planet unik yang dikelilingi oleh cincin. Selain itu, Jumlah satelit Saturnus termasuk terbanyak dalam sistem tata surya. Jumlah satelit pada planet Saturnus berhasil melewati rekor planet Jupiter yang juga memiliki banyak satelit.
ADVERTISEMENT
Adapun yang melakukan perhitungan jumlah satelit pada Saturnus adalah Minor Planet Center yang merupakan bagian dari International Astronomical Union.

Mengenal Jumlah Satelit Saturnus

Ilustrasi jumlah satelit saturnus. Sumber: pexels.com/SpaceX
Mengutip dari buku Sistem Tata Surya, Sema GUI, (2007:26), Saturnus adalah planet terbesar nomor dua dalam sistem tata surya yang identik dengan cincinnya. Komponen yang terdapat dalam cincin tersebut berupa es, batu, dan gas.
Cincin pada Saturnus terbentuk dari berbagai benda langit mulai dari potongan es dan meteor. Potongan es tersebut awalnya terbang secara acak di alam semesta kemudian tertangkap oleh gaya tarik dari Saturnus.
Saturnus adalah planet yang memiliki struktur menarik dan massanya terdiri atas 6% gas helium serta 94% gas hidrogen. Di pusat Saturnus terdapat sebuah inti planet yang terdiri dari batu dan es.
ADVERTISEMENT
Selain itu, Saturnus juga memiliki satelit sama seperti Bumi. Jumlah satelit Saturnus adalah 146 yang paling banyak di tata surya. Satelit pertama Saturnus ditemukan pada tahun 1655 yang dikenal dengan sebutan Titan.
Titan memiliki atmosfer yang padat dan berwarna oranye. Adapun komponen penyusun Titan adalah hidrogen, argon, nitrogen, dan metana.

Satelit Saturnus

Ilustrasi jumlah satelit saturnus. Sumber: pexels.com/Space X
Selain Titan, ada lagi beberapa satelit yang dimiliki oleh planet Saturnus yang terkenal. Berikut penjelasannya.

1. Mimas

Mimas adalah satelit Saturnus yang ditemukan pada tahun 1789 oleh William Herschel. Nama satelit ini diambil berdasarkan nama seorang raksasa dalam mitologi Yunani.

2. Enceladus

Berikutnya ada Enceladus yang memiliki diameter 550 km atau sekitar 1/10 dari ukuran satelit Titan. Permukaan Enceladus lebih banyak dari es sehingga disebut sebagai benda paling reaktif dalam tata surya.
ADVERTISEMENT

3. Rhea

Terakhir adalah Rhea yang merupakan satelit terbesar kedua di Saturnus setelah Titan. Satelit ini berhasil ditemukan pada tahun 1672 oleh Giovanni Domenico Cassini.
Mengetahui jumlah satelit Saturnus dapat menambah pengetahuan di bidang astronomi. Siswa jadi tahu bahwa tidak hanya Bumi saja yang memiliki satelit melainkan planet lainnya juga ada. (GTA)