Konten dari Pengguna

Ketahui Cara Adaptasi Pohon Jati

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
16 Februari 2024 18:18 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Cara Adaptasi Pohon Jati. Sumber: Unsplash/Ruben Hanssen
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Adaptasi Pohon Jati. Sumber: Unsplash/Ruben Hanssen
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pohon jati adalah pohon yang banyak dimanfaatkan pada industri mebel. Jati biasanya tumbuh di iklim tropis dan subtropis. Selain itu, cara adaptasi pohon jati terhadap lingkungannya juga cukup menarik.
ADVERTISEMENT
Pohon jati memiliki batang yang menjulang tinggi dan daun yang besar. Selain itu pohon jati juga memiliki bunga yang kecil berwarna-warni dan tumbuh di ujung cabangnya. Bunga-bunga jati dapat menghasilkan buah berwarna hijau kemerahan yang berdiameter 1 hingga 1,5 meter.

Cara Adaptasi Pohon Jati

Ilustrasi Cara Adaptasi Pohon Jati. Sumber: Unsplash/Liam Pozz
Pohon jati adalah salah satu jenis pohon kayu yang dikenal karena kayunya yang berkualitas tinggi dan banyak digunakan dalam industri pengolahan kayu. Dalam menyesuaikan dengan lingkungannya, terdapat cara adaptasi pohon jati yang cukup unik.
Mengutip buku Bongkar Pola Soal USBN SD/MI 2020 karya Subai’ah, dkk (2019:360) pada musim kemarau pohon jati akan menggugurkan daunnya. Tujuannya adalah mencegah penguapan air melalui daun.
Adapun beberapa ciri khusus pada pohon jati berikut ini.
ADVERTISEMENT

1. Tinggi dan Besar

Pohon jati dapat tumbuh hingga ketinggian sekitar 30-40 meter, dengan batang yang cukup besar dan lurus. Ukuran yang besar membuatnya sangat dihargai sebagai sumber kayu yang berkualitas.

2. Daun Bertingkat

Daun jati bertingkat atau disusun secara berseling, dengan ukuran daun yang relatif besar. Daunnya memiliki ujung yang meruncing dan tepi yang bergelombang.

3. Bunga dan Buah

Bunganya berbentuk malai dan memiliki warna putih atau kekuningan. Buahnya berbentuk buah polong, yang berisi biji-bijian. Meskipun buah jati memiliki biji yang kecil, umumnya penyebaran pohon jati lebih umum dilakukan melalui stek atau biji yang disiapkan.

4. Kayu Keras dan Tahan Lama

Kayu jati terkenal karena kekerasannya dan ketahanannya terhadap serangan hama kayu dan kondisi lingkungan yang keras. Kayu jati memiliki kualitas yang sangat baik, membuatnya cocok untuk berbagai keperluan konstruksi, perabotan, dan bahan bangunan lainnya.
ADVERTISEMENT

5. Warna Kayu yang Khas

Kayu jati memiliki warna yang bervariasi, mulai dari cokelat muda hingga cokelat tua. Warnanya dapat menjadi lebih gelap seiring berjalannya waktu dan paparan terhadap sinar matahari.

6. Kemampuan Tumbuh Cepat

Pohon jati memiliki kemampuan tumbuh dengan cepat, terutama pada kondisi tanah yang subur dan iklim yang mendukung. Ini membuatnya menjadi salah satu pilihan utama dalam perkebunan kayu untuk tujuan komersial.
Itulah cara adaptasi pohon jati beserta dengan ciri-cirinya. Bentuk adaptasi pohon jati ini memungkinkan pohon jati untuk tetap bertahan hidup dalam tanah kering akibat kemarau. Oleh karenanya, pohon jati dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan kayu berkualitas tinggi. (BAI)