Ketahui Organisme Penghasil Makanan dan Contohnya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
4 April 2024 15:22 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Organisme Penghasil Makanan. Sumber: Pexels/PhotoMIX Company
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Organisme Penghasil Makanan. Sumber: Pexels/PhotoMIX Company
ADVERTISEMENT
Organisme adalah bentuk kehidupan yang mandiri dan berdiri sendiri, baik itu mikroskopis maupun makroskopis, yang terdiri dari satu sel atau banyak sel. Organisme dapat menghasilkan makanan sendiri. Adapun organisme penghasil makanan adalah produsen.
ADVERTISEMENT
Produsen pada dasarnya memainkan peran kunci dalam siklus energi dan materi di ekosistem. Produsen menyediakan sumber energi dan makanan bagi organisme lain dalam rantai makanan, termasuk konsumen primer, sekunder, dan seterusnya.

Mengenal Organisme Penghasil Makanan

Ilustrasi Organisme Penghasil Makanan. Sumber: Pexels/Kindel Media
Mengutip buku Bongkar Pola Soal UNBK SMA/MA IPS 2020, Ika Famelia (2019:372), organisme adalah unsur-unsur alam yang berupa makhluk hidup dengan segala bentuk dan jenisnya. Organisme penghasil makanan adalah organisme yang mampu membuat makanan sendiri melalui proses fotosintesis atau kemosintesis.
Produsen mampu melakukan fotosintesis atau mengandalkan energi dari sumber eksternal untuk menghasilkan makanan bagi diri mereka sendiri serta organisme lainnya yang bergantung padanya. Berikut beberapa contoh yang dapat diketahui.

1. Tumbuhan

Tumbuhan adalah contoh paling umum dari organisme penghasil makanan. Mereka menggunakan energi matahari untuk mengubah karbon dioksida dan air menjadi glukosa (gula) dan oksigen melalui proses fotosintesis. Contoh tumbuhan penghasil makanan meliputi pohon, rumput, semak, dan berbagai jenis tumbuhan lainnya.
ADVERTISEMENT

2. Alga

Alga, baik itu mikroalga yang terdapat di air atau alga makro yang dapat ditemui di perairan, juga mampu melakukan fotosintesis dan menghasilkan makanan. Mereka berperan penting dalam ekosistem akuatik sebagai produsen primer.

3. Bakteri Fotosintetik

Beberapa bakteri fotosintetik, seperti cyanobacteria (ganggang biru-hijau), juga mampu melakukan fotosintesis dan menghasilkan makanan. Mereka dapat ditemukan di berbagai lingkungan, termasuk air tawar, laut, dan tanah.

4. Fitoplankton

Fitoplankton adalah organisme mikroskopis, seperti ganggang, dinoflagelata, dan diatom, yang mengapung di perairan. Mereka merupakan produsen utama di ekosistem akuatik dengan menyediakan makanan bagi berbagai organisme laut lainnya.

5. Bakteri Kemosintetik

Beberapa bakteri yang hidup di lingkungan ekstrem, seperti di lautan dalam di sekitar sumber hidrotermal, mampu melakukan kemosintesis, yaitu menggunakan energi kimia untuk membuat makanan.
ADVERTISEMENT
Demikianlah penjelasan mengenai organisme penghasil makanan beserta dengan contohnya. Dapat diketahui bahwa organisme penghasil makanan adalah organisme yang berperan penting dalam ekosistem. Organisme penghasil makanan merupakan sumber energi bagi organisme lain yang tidak mampu memproduksi makanan sendiri. (BAI)