Lebah Berkembang biak dengan Cara Apa?

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
21 Februari 2024 10:27 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Lebah Berkembang biak dengan Cara. Sumber: Unsplash/Boba Jaglicic
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Lebah Berkembang biak dengan Cara. Sumber: Unsplash/Boba Jaglicic
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Lebah dikenal sebagai serangga penghasil madu yang hidup berkelompok. Lebah berkembang biak dengan cara bertelur. Di alam bebas, mereka membangun sarang di rekahan batang pohon atau batu.
ADVERTISEMENT
Sebutan kawanan lebah karena mereka hidup dalam koloni besar dan suka bersosialisasi. Menariknya, manusia dapat menyediakan sarang buatan untuk lebah yang bertujuan untuk menghasilkan madu.

Lebah Berkembang biak dengan Cara Bertelur

Ilustrasi Lebah Berkembang biak dengan Cara. Sumber: Unsplash/Boris Smokrovic
Lebah membangun sarang berbentuk segi enam dari lilin dan terdiri dari banyak sel yang tidak sama satu sama lain. Sel terbesarnya khusus untuk perkembangan calon lebah ratu.
Lebah berkembang biak dengan cara yang cukup unik. Tidak semua lebah bertelur, hanya lebah ratu lah yang bertugas untuk bertelur, dengan beberapa lebah jantan bertugas membuahi lebah ratu.
Hanya ada satu lebah ratu di dalam koloni. Badannya lebih besar di antara lebah lainnya. Hal ini mudah di amati dan dikenali. Pada umumnya, koloni lebah terdiri dari seekor ratu, 20.000 – 30.000 lebah pekerja dan ratusan lebah jantan.
ADVERTISEMENT
Lebah jantan membuahi ratu pada musim semi. Namun, tidak lama kemudian mereka akan mati. Setelah beberapa hari perkawinan, lebah akan bertelur.
Sepanjang hidupnya, lebah ratu bisa bertelur satu juga butir. Jadi setiap telur dimasukkan ke dalam satu sel. Ketika telur dibuahi, maka akan menjadi lebah jantan, sedangkan yang tidak akan menjadi lebah betina.
Larva yang akan menjadi calon ratu akan makan royal jelly sepanjang hidupnya, sedangkan larva para lebah pekerja dan pejantan memakan serbuk sari dan madu.

Masa Inkubasi Lebah

Ilustrasi Lebah Berkembang biak dengan Cara. Sumber: Unsplash/leandro fregoni
Masa inkubasinya cukup singkat yaitu 3 hari saja, setelah itu larva akan muncul. Ternyata proses larva berbeda-beda, berikut perkembangan larva lebah.
ADVERTISEMENT
Larva lebah madu wujudnya menyerupai ulat berwarna putih tanpa kaki yang melingkar di dalam sel sarang. Setelah tahap larva selesai, sel ditutup dengan lapisan lilin.
Lebah berkembang biak dengan cara bertelur di dalam sarangnya yang berbentuk sel. Tugas bertelur hanya dilakukan oleh lebah ratu yang nantinya akan dibuahi lebah jantan. Hal ini menambah wawasan tentang keunikan lebah dan proses kehidupannya. (DVA)