Memahami Pengertian dan Ciri-ciri Oligarki di Indonesia

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
17 Juni 2023 15:12 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi gambar oligarki adalah. Sumber foto: Pixabay.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi gambar oligarki adalah. Sumber foto: Pixabay.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Oligarki adalah suatu bentuk sistem pemerintahan yang beberapa peraturannya dikendalikan oleh golongan kelompok tertentu. Kelompok tersebut merupakan kumpulan dari beberapa orang yang mempunyai pengaruh kuat terhadap negara.
ADVERTISEMENT
Bentuk pemerintahan dengan sistem oligarki cenderung berorientasi pada kepentingan sendiri. Hal ini dikarenakan politik kekuasaannya berada di pihak minoritas kecil.

Pengertian dan Ciri-ciri Oligarki

Ilustrasi gambar oligarki adalah. Sumber foto: Pixabay.com
Mengutip dari buku yang berjudul Islam, Oligarki Politik, Dan Perlawanan Sosial karya Abdur Rozaki (2021: 106), istilah oligarki berasal dari bahasa Yunani, yaitu oligarchia yang berarti pemerintahan oleh yang sedikit. Oligoi berarti sedikit, sedangkan arkhein berarti memerintah.
Suatu pemerintahan yang menggunakan sistem oligarki menjadikan kekayaan sebagai basis material. Hal ini dikuasai oleh berbagai individu untuk membuatnya melakukan kendali terhadap pengaturan kebijakan pemerintah.
Oligarki adalah faktor utama yang mempengaruhi ekonomi politik di Indonesia. Sistem oligarki di Indonesia sudah ada sejak masa orde baru yang dipimpin oleh Soeharto.
ADVERTISEMENT
Awalnya, oligarki sultanistik kemudian menjadi oligarki penguasa kolektif. Oligarki terus berlanjut hingga mengakibatkan runtuhnya pemerintahan soeharto.
Adapun mengenai ciri-ciri sistem pemerintahan oligarki adalah sebagai berikut.

1. Kekuasaan Dikendalikan oleh Kelompok Kecil

Kelompok kecil sangat mudah untuk masuk dalam pemerintahan. Hal ini dikarenakan uang yang ikut mengatur kekuasaan di dalamnya.

2. Terjadinya Ketidaksetaraan Materi

Pemerintahan dengan sistem oligarki cenderung terjadi ketidaksetaraan materi. Hal ini dikarenakan orang yang memiliki kekayaan akan terlihat lebih menonjol dibandingkan masyarakat biasa yang tidak memiliki uang.

3. Kekuasaan dengan Uang Tidak dapat Dipisahkan

Sistem oligarki dapat dikatakan sebagai kekuasaan yang dipegang oleh orang-orang yang memiliki kekayaan. Hal ini menyebabkan kekuasaan dengan uang tidak dapat dipisahkan.

4. Kekuasaan sebagai Upaya Mempertahankan Kekayaan

Dalam sistem pemerintahan oligarki memiliki sebuah prinsip, siapa saja yang memiliki uang, maka dapat berkuasa. Prinsip tersebut secara tidak langsung menjelaskan bahwa dengan kekuasaan, kekayaan harus dipertahankan.
ADVERTISEMENT

Kelebihan dan Kekurangan Oligarki

Ilustrasi gambar oligarki adalah. Sumber foto: Pixabay.com
Oligarki adalah sistem pemerintahan yang diciptakan oleh orang-orang yang pintar dan memiliki kekayaan. Oleh karena itu, dalam sistem oligarki sebenarnya terdapat kelebihan dan kekurangan.
Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dalam sistem oligarki.

Kelebihan:

Kekurangan:

ADVERTISEMENT
Oligarki adalah sistem pemerintahan yang kaya yang berkuasa. Sistem apapun yang dijalankan oleh suatu negara pasti disertai dengan kelebihan dan kekurangannya. (MAE)