Konten dari Pengguna

Mengapa Angin Dapat Mempengaruhi Terjadinya Hujan? Ini Penjelasannya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
29 April 2024 11:41 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi mengapa angin dapat mempengaruhi terjadinya hujan. Sumber: unsplash.com/MisaelSilvera.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mengapa angin dapat mempengaruhi terjadinya hujan. Sumber: unsplash.com/MisaelSilvera.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Mengapa angin dapat mempengaruhi terjadinya hujan? Angin kencang selalu mengawali kedatangan awan atau mendung yang menandakan akan terjadi hujan.
ADVERTISEMENT
Jika dirasakan, embusan angin yang diikuti awan itu terasa dingin. Makin lama awan makin pekat sehingga masyarakat bersiap-siap untuk berteduh atau menghadapinya dengan payung dan jas hujan.

Mengapa Angin Dapat Mempengaruhi Terjadinya Hujan?

Ilustrasi mengapa angin dapat mempengaruhi terjadinya hujan. Sumber: unsplash.com/IvanVranic.
Dikutip dari Cakrawala Geografi 2 untuk SMP Kelas VIII, Munawir dan Kawan-kawan (2007:7), angin adalah pergerakan udara yang disebabkan oleh perbedaan tekanan. Udara bergerak dari tempat yang bertekanan tinggi (dingin) ke tempat yang bertekanan rendah (panas).
Di Indonesia, musim hujan dipengaruhi embusan angin dari benua Asia yang bertekanan tinggi ke benua Australia yang bertekanan rendah. Embusan angin dari benua Asia membawa uap air yang sangat banyak.
Mengapa angin dapat mempengaruhi terjadinya hujan? Dari paragraf di atas dapat diketahui bahwa angin dapat memengaruhi terjadinya hujan karena membawa uap air. Untuk lebih jelasnya, berikut peran angin dalam proses terjadinya hujan:
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
Mengapa angin dapat mempengaruhi terjadinya hujan? Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa angin berperan mengumpulkan uap air yang berproses menjadi titik-titik air hingga cukup berat agar dapat jatuh ke bumi sebagai hujan. (lus)