Mengapa Waktu di Greenwich Dijadikan Acuan Waktu Dunia? Ini 5 Alasannya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
26 Februari 2024 18:51 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Mengapa Waktu di Greenwich Dijadikan Acuan Waktu Dunia. Sumber: Pexels/Krivec Ales
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Mengapa Waktu di Greenwich Dijadikan Acuan Waktu Dunia. Sumber: Pexels/Krivec Ales
ADVERTISEMENT
Greenwich adalah sebuah wilayah yang terletak di London, Inggris. Kota ini dijadikan sebuah acuan waktu dunia atau yang biasa dikenal Greenwich Mean Time (GMT). Namun, mengapa waktu di Greenwich dijadikan acuan waktu dunia?
ADVERTISEMENT
Pada dasarnya, penetapan Greenwich sebagai acuan waktu dunia ini memiliki beberapa alasan mendasar. Salah satu alasannya adalah letak lokasi Greenwich yang strategis dan berada di derajat 0 atau Prime Meredian.

Mengapa Waktu di Greenwich Dijadikan Acuan Waktu Dunia?

Ilustrasi Mengapa Waktu di Greenwich Dijadikan Acuan Waktu Dunia. Sumber: Pexels/Giallo
Mengutip buku Gasing Science Bilingual 6B-IPA karya Yohanes Surya (2013:108) pada awalnya hingga abad ke-18 tidak ada pembagian waktu secara internasional. Negara-negara memiliki waktunya sendiri. Lalu mengapa waktu di Greenwich dijadikan acuan waktu dunia?
GMT atau Greenwich Mean Time mulai digunakan sebagai acuan waktu dunia pada 1884 melalui sebuah konferensi internasional. Namun, selain itu terdapat beberapa alasan lain yang menjadikan Greenwich sebagai acuan waktu dunia. Berikut adalah beberapa alasannya.

1. Lokasi Strategis

Greenwich dipilih karena terdapat Prime Meridian (Garis Bujur Utama) atau derajat 0 yang melalui Royal Observatory. Meridian nol dipilih sebagai referensi untuk mengukur perbedaan waktu di seluruh dunia, karena merupakan garis yang paling tepat untuk membagi dunia menjadi zona waktu berbeda.
ADVERTISEMENT

2. Konferensi Internasional

Pada tahun 1884, dalam Konferensi Internasional di Washington DC, keputusan diambil untuk menetapkan Greenwich sebagai patokan waktu utama dunia. Keputusan ini dipilih setelah melalui serangkaian diskusi dan konsultasi dengan berbagai negara di seluruh dunia.

3. Sistem Waktu Standar

Penetapan Greenwich Mean Time (GMT) sebagai waktu standar internasional memudahkan koordinasi waktu di seluruh dunia. Dengan adanya standar waktu ini, setiap tempat dapat menentukan perbedaan waktu mereka dari GMT dan menyesuaikan waktu lokal mereka dengan meridian tempat mereka berada.

4. Observatorium Greenwich

Pada abad ke-19, observatorium di Greenwich menjadi salah satu pusat penelitian ilmiah terkemuka di dunia, dengan mengumpulkan data dan informasi tentang gerak benda-benda langit.
Dari observatorium inilah waktu Greenwich Mean Time (GMT) dihitung dan disebarkan ke seluruh dunia. Oleh karena itu, GMT menjadi patokan waktu standar internasional.
ADVERTISEMENT

5. Kemajuan dalam Transportasi dan Komunikasi

Pada akhir abad ke-19, transportasi dan komunikasi antar benua mulai berkembang. Pemilihan Greenwich sebagai meridian utama memberikan titik acuan yang bersifat global, memudahkan pengaturan jadwal perjalanan, navigasi laut, dan komunikasi internasional.
Itulah alasan mengapa waktu di Greenwich dijadikan acuan waktu dunia. Pemilihan Greenwich sebagai acuan waktu dunia memberikan konsistensi dalam pengukuran waktu di seluruh dunia, yang sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan. (BAI)