Mengenal Asal Usul Persebaran Nenek Moyang Bangsa Indonesia

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
13 November 2023 16:33 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi asal-usul persebaran nenek moyang bangsa Indonesia. Sumber foto: Pixabay.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi asal-usul persebaran nenek moyang bangsa Indonesia. Sumber foto: Pixabay.com
ADVERTISEMENT
Bangsa Indonesia adalah sebuah bangsa yang kaya akan suku dan budaya. Asal usul persebaran nenek moyang bangsa Indonesia diperkirakan dari wilayah Selatan Tibet.
ADVERTISEMENT
Untuk bahasa daerah sendiri, Indonesia memiliki karakter berbeda-beda di tiap wilayah. Sebagian besar penduduk di Indonesia tergolong dalam ras Austronesia atau rumpun Melayu.

Asal Usul Persebaran Nenek Moyang Bangsa Indonesia

Ilustrasi asal-usul persebaran nenek moyang bangsa Indonesia. Sumber foto: Pixabay.com
Dikutip dari buku Sejarah 1 SMA Kelas X, Drs. Sardiman, A.M., M.Pd (2007: 149), Indonesia adalah suatu negara bagian dari Kawasan Asia Tenggara. Sejarah masyarakat Indonesia tidak lepas dari sejarah perkembangan masyarakat di Asia Tenggara.
Bangsa-bangsa di wilayah Asia Tenggara terdiri dari empat kelompok besar. Empat kelompok tersebut, yaitu kelompok Sino Tibet, Austro Asia, Austronesia, dan Papua. Asal usul persebaran nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari bangsa Yunan.
Bangsa ini merupakan suatu bangsa yang melahirkan ras Austro Asia dan Austronesia. Bangsa Austro Asia membentuk bangsa-bangsa di daratan Asia Tenggara, seperti bangsa Myanmar dan Kamboja.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, bangsa Austronesia (Melayu Polinesia) menjadi bangsa pokok di Negara Indonesia, Filipina, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Penduduk asli masyarakat Indonesia adalah ras berkulit gelap dan bertubuh kecil.
Pada mulanya, masyarakat Indonesia tinggal di Asia bagian Tenggara. Ketika zaman es mencair dan air laut naik hingga berbentuk laut Cina selatan dan laut Jawa, mengakibatkan terpisahnya pegunungan vulkanik kepulauan Indonesia dari daratan utama.
Beberapa penduduk asli Indonesia tersisa dan menetap di daerah-daerah pedalaman, sedangkan daerah pantai dihuni oleh penduduk pendatang. Penduduk asli disebut sebagai suku bangsa Vedda.
Sedangkan, ras yang masuk dalam kelompok ini adalah suku bangsa Hieng di Kamboja, Miaotse, Yao-Jen di Cina, dan Senoi di Semenanjung Malaya.
ADVERTISEMENT
Beberapa suku bangsa, seperti Lubu, Kubu, Talang Mamak yang mendiami Sumatra dan Toala di Sulawesi merupakan penduduk tertua di kepulauan Indonesia.
Suku-suku tersebut mempunyai hubungan erat dengan nenek moyang Melanesia masa kini dan orang Vedda yang saat ini masih ada di Afrika, Asia Selatan, dan Oceania.
Vedda adalah manusia pertama yang datang ke pulau-pulau yang sudah berpenghuni. Masyarakat vedda membawa budaya perkakas batu. Ras Vedda dan Melanesia hidup dalam budaya mesolitik.
Itulah ulasan singkat asal usul persebaran nenek moyang bangsa Indonesia. Semoga dipahami sehingga menjadi bacaan yang bermanfaat. (MAE)