Pengertian Patisserie Lengkap dengan Asal Usul Istilahnya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
26 Juni 2023 15:35 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Patisserie Adalah. Sumber: Pexels/anna-m. w.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Patisserie Adalah. Sumber: Pexels/anna-m. w.
ADVERTISEMENT
Patisserie adalah istilah dalam dunia kuliner yang merujuk pada seni pembuatan dan penyajian berbagai jenis kue dan pastry yang lezat dan indah secara visual. Salah satu jenis patisserie yang populer dan sering ditemui di toko kue adalah croissant.
ADVERTISEMENT
Istilah "patisserie" berasal dari bahasa Prancis, yang secara harfiah berarti "toko kue". Dalam perkembangannya melewati berbagai perubahan yang dipengaruhi berbagai faktor.

Pengertian Patisserie

Ilustrasi Patisserie Adalah. Sumber: Pexels/Igor Ovsyannykov
Mengutip dari buku The Art of Patisserie: Mastering the Sweet Creations karya Marie Lefèvre, seni patiseri memadukan keindahan visual dengan kelezatan rasa. Setiap kue dan pastry adalah hasil dari perpaduan sempurna antara keterampilan tangan dan kreativitas, menciptakan pengalaman yang tak terlupakan bagi siapa pun yang menikmatinya.
Patisserie merupakan cabang kuliner yang fokus pada pembuatan kue-kue kering, kue tart, croissant, dan berbagai jenis pastry. Dalam patisserie, perhatian diberikan pada rasa, tekstur, dan tampilan estetika kue.
Patisserie seringkali melibatkan penggunaan bahan-bahan berkualitas tinggi dan teknik-teknik khusus dalam proses pembuatannya.
ADVERTISEMENT
Asal usul istilah "patisserie" dapat ditelusuri ke Prancis pada abad ke-17. Kata "patisserie" pertama kali muncul pada tahun 1653 dalam buku berjudul "Le Cuisinier François" karya François Pierre de la Varenne. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan tempat atau toko yang khusus menyajikan berbagai macam kue dan pastry.
Perkembangan patisserie di Prancis sangat dipengaruhi oleh kemajuan di bidang teknologi dan perubahan sosial. Pada abad ke-19, munculnya oven yang lebih canggih dan penggunaan mentega dalam pembuatan kue memberikan pengaruh besar pada perkembangan patisserie.
Selain itu, pengaruh penjajahan dan perluasan kekaisaran Prancis juga membawa pengaruh kuliner dari berbagai negara, seperti pastry dari Austria dan kue-kue dari Timur Tengah.
Pada era modern, patisserie telah menjadi bagian integral dari dunia kuliner internasional. Banyak koki dan pastry chef terkenal yang mengabdikan diri mereka pada seni patisserie dan menciptakan kreasi-kreasi unik yang memukau lidah dan mata.
ADVERTISEMENT
Toko-toko patisserie terkenal di seluruh dunia menjadi tujuan yang populer bagi pecinta kue dan pastry.
Patisserie bukan hanya tentang pembuatan kue dan pastry yang lezat, tetapi juga tentang dedikasi, kreativitas, dan ketelitian dalam setiap langkah prosesnya.
Patisserie mencerminkan keindahan seni rasa dan estetika visual yang menggoda selera. Oleh karena itu, seni patisserie terus berkembang dan menjadi daya tarik yang tak terbantahkan dalam dunia kuliner.
Patisserie adalah seni pembuatan dan penyajian roti, kue dan pastry yang lezat dan indah secara visual. Dari penjelasan pengertian dan asal usul di atas tentu bisa diingat bahwa istilah ini berasal dari bahasa Prancis yang menggambarkan toko khusus menyajikan berbagai macam kue. (ARR)
ADVERTISEMENT