Konten dari Pengguna

Mengenal Gagasan Utama dalam Teori Atom Niels Bohr

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
17 Juni 2024 14:39 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi gagasan utama dalam teori atom Niels Bohr adalah. Sumber: Unsplash/Norbert Kowalczyk
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi gagasan utama dalam teori atom Niels Bohr adalah. Sumber: Unsplash/Norbert Kowalczyk
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Gagasan utama dalam teori atom Niels Bohr adalah tentang tingkat-tingkat energi yang ada pada kulit atom. Teori ini muncul sekitar tahun 1913 yang digagas oleh seorang fisikawan asal Denmark yaitu Niels Bohr.
ADVERTISEMENT
Teori atom Niels Bohr muncul untuk menyempurnakan kelemahan teori atom sebelumnya yaitu model atom Rutherford. Kelemahan itu berupa lintasan elektron yang belum sempurna untuk menjelaskan struktur suatu atom.

Gagasan Utama dalam Teori Atom Niels Bohr

Ilustrasi gagasan utama dalam teori atom Niels Bohr adalah. Sumber: Pexels/Steve Johnson
Sebelum dikenal sebagai atom para ilmuwan terdahulu meneliti bahwa ada sebuah partikel yang sangat kecil berukuran mikro. Para ilmuwan mengembangkan teorinya dan terciptalah model atom. Salah satu ilmuan yang mengembangkan teori atom yaitu Niels Bohr.
Adanya teori atom Niels Bohr bertujuan untuk memperbaiki teori atom Rutherford. Dikutip dalam buku Belajar Kimia Secara Menarik untuk SMA/MA Kls XI oleh Das Salirawati, dkk (2007:6) hal terpenting hingga sekarang tetap diterima dari gagasan utama dalam teori atom Niels Bohr adalah gagasan tentang tingkat energi (kulit atom).
ADVERTISEMENT
Atas dasar eksperimen yang telah dilakukannya. Akhirnya Niels Bohr mengemukakan teori atomnya dengan berpegang pada munculnya spektrum garis yang menunjukkan bahwa elektron dalam atom hanya dapat berada pada tingkat energi tertentu.
Pemancaran energi terjadi pada saat elektron berpindah dari satu tingkat energi lebih tinggi ke tingkat energi lebih rendah. Sebaliknya elektron dari lintasan dengan tingkat energi rendah ke tingkat energi lebih tinggi disertai penyerapan energi.

Mengetahui Model Atom Niels Bohr

Ilustrasi gagasan utama dalam teori atom Niels Bohr adalah. Sumber: Pexels/Tara Winstead
Konsep-konsep yang mendukung teori atom Niels Bohr adalah spektrum atom, teori kuantum radiasi Planck dan Einstein, dan radiasi gelombang elektromagnetik. Adapun pokok-pokok model atom Niels Bohr, yaitu:
ADVERTISEMENT
Dapat disimpulkan bahwa gagasan utama dalam teori atom Niels Bohr adalah tentang tingkat energi pada lintasan kulit atom yang disebut dengan bilangan kuantum utama. (MRZ)