Mengenal Intisari dari Sebuah Bacaan beserta Contohnya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
13 September 2023 20:13 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
intisari dari sebuah bacaan disebut. Sumber: pexels.com/picjumbocom
zoom-in-whitePerbesar
intisari dari sebuah bacaan disebut. Sumber: pexels.com/picjumbocom
ADVERTISEMENT
Sebuah bacaan pasti memiliki bagian-bagian tertentu yang membuat pembaca mengerti isinya seperti intisari. Intisari dari sebuah bacaan disebut dengan pokok pikiran yang berisi kalimat umum dan kemudian diperjelas oleh kalimat selanjutnya.
ADVERTISEMENT
Dalam sebuah tulisan, pokok pikiran merupakan bagian yang paling penting karena berisi gambaran mengenai isi tulisan tersebut. Ketika sudah menemukan pokok pikiran, maka lebih mudah untuk menemukan intisari.

Mengenal Intisari dari Sebuah Bacaan

intisari dari sebuah bacaan disebut. Sumber: pexels.com/Jeshootscom
Mengutip dari buku Super Complete Kelas 4,5,6 SD/MI, Meity Mudikawaty, Melli Meisawati, dan Ari Nurdiana, (2018:365), intisari dari sebuah bacaan disebut pokok pikiran yang juga dikenal dengan pikiran utama.
Pengertian pokok pikiran adalah ide utama dari sebuah paragraf dan sebuah paragraf memiliki satu pokok pikiran saja. Pokok pikiran merupakan kalimat inti yang menggambarkan isi dari paragraf tersebut.
Pokok pikiran di sebuah paragraf itu bisa terdapat di awal, tengah, atau bagian akhir yang dituliskan menjadi kalimat utama. Kalimat utama biasanya terdiri dari pokok pikiran yang didampingi dengan kalimat penjelasan lainnya.
ADVERTISEMENT
Adapun nama lain dari kalimat utama adalah kalimat topik. Setelah menemukan pokok pikiran, maka bisa dengan mudah untuk memahami isi dari paragraf tersebut.
Tentu saja ada cara-cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pokok pikiran yaitu sebagai berikut:

Jenis Intisari pada Bacaan dan Contoh

intisari dari sebuah bacaan disebut. Sumber: pexels.com/Jessica Lewis
Ketika belajar Bahasa Indonesia tidak hanya mempelajari pengertian dan cara mencari intisari saja, melainkan juga jenis-jenisnya. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai jenis-jenis intisari beserta contoh.
ADVERTISEMENT

Jenis Intisari

Paragraf campuran adalah sebuah paragraf yang meletakkan intisari di bagian awal, tengah, dan akhir paragraf. Pola tulisan yang digunakan adalah dari umum kemudian diperkuat ke khusus.
Ada lagi paragraf deskriptif yang biasa muncul dalam sebuah bacaan. Paragraf deskriptif berarti intisarinya diletakkan menyebar di seluruh tulisan.
Pengertian paragraf deduktif adalah intisari dari tulisan tersebut terletak di bagian depan dan menggunakan pola umum ke khusus.
Terakhir adalah paragraf induktif yang memiliki intisari di bagian akhir paragraf. Sama dengan paragraf deduktif, pola tulisan yang digunakan adalah umum ke khusus.

Contoh Intisari

Bencana banjir dan lumpur yang menyerang wilayah Situ Gintung Tangerang Selatan membawa penyakit bagi masyarakat setempat. Beberapa penyakit tersebut adalah leptospirosis, tifus, demam berdarah, dan diare.
ADVERTISEMENT
Pokok pikiran dalam paragraf tersebut terlat pada bencana banji yang membawa penyakit bagi masyarakat setempat.
Intisari dari sebuah bacaan disebut sebagai pokok pikiran yang dituliskan berupa kalimat utama. Kalimat utama pada teks Bahasa Indonesia bisa memberikan gambaran secara umum mengenai isi ke pembaca. (GTA)