Mengenal Jenis Muatan Listrik beserta Sifatnya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
18 September 2023 9:15 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi gambar jenis muatan listrik. Sumber foto: pixabay/ColiN00B
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi gambar jenis muatan listrik. Sumber foto: pixabay/ColiN00B
ADVERTISEMENT
Ketersediaan listrik pada suatu benda dapat diketahui apabila terdapat perpindahan muatan listrik. Adapun jenis muatan listrik tersebut terbagi menjadi beberapa, yaitu proton dan elektron.
ADVERTISEMENT
Di kehidupan manusia listrik juga dapat menunjang berbagai aspek kegiatan. Salah satunya sebagai sumber energi untuk menyalakan beragam peralatan elektronik. Dengan demikian wawasan tentang ragam muatan listrik menjadi menarik untuk dipelajari.

Mengenal Jenis Muatan Listrik

Ilustrasi gambar jenis muatan listrik. Sumber foto: pixabay/jniittymaa0
Berdasarkan Buku Pintar Fisika SMP untuk Kelas 1, 2, & 3, Drs. Joko Untoro, (2007:212), elektron pada suatu atom dapat berpindah ke atom yang lain. Sehingga perpindahan elektron tersebut dapat mengakibatkan suatu atom kekurangan atau kelebihan elektron, hal ini yang menyebabkan atom menjadi muatan listrik.
Maka dari itu, jenis muatan yang terdapat pada benda tergantung pada banyaknya jumlah proton dan elektron penyusunannya. Adapun untuk lebih memahami terkait hal tersebut, berikut ini beberapa jenis muatan listrik yang bisa diketahui.
ADVERTISEMENT

1. Muatan Positif

Muatan positif pada listrik dapat disebut juga dengan proton. Suatu benda bermuatan positif apabila kekurangan elektron. Jenis ini bersifat saling tolak-menolak jika didekatkan dengan benda yang memiliki muatan sejenis.

2. Muatan Negatif

Muatan listrik negatif (elektron) terdapat pada benda yang kekurangan proton. Muatan ini akan tarik-menarik jika saling didekatkan dengan benda berbeda jenis. Begitupun sebaliknya tolak-menolak dengan jenis yang sama.

Sifat Muatan Listrik

Ilustrasi gambar jenis muatan listrik. Sumber foto: pixabay/image4you
Setelah memahami dua jenis muatan listrik yang terdapat pada benda. Berikut ini terdapat sifat muatan listrik yang perlu diketahui.

1. Memiliki Sifat Kekal

Muatan listrik tidak bisa dimusnahkan maupun diciptakan. Sehingga pada suatu benda yang bermuatan listrik berlaku hukum kekekalan muatan.

2. Mempunyai Dua Jenis Muatan

Dalam suatu muatan listrik memiliki dua jenis muatan yang terkandung di dalamnya yaitu positif (proton) dan negatif (elektron).
ADVERTISEMENT

3. Menunjukkan Reaksi

Sifat muatan listrik salah satunya dapat menunjukkan reaksi, yaitu saling tolak menolak maupun tarik menarik apabila didekatkan pada suatu benda yang bermuatan.

4. Termasuk Besaran Fisika

Muatan listrik menurut Standar Internasional (SI) ditetapkan dalam coulomb dan dilambangkan dengan huruf q pada fisika. Hal ini menjadikan muatan dapat dihitung dan dapat diketahui nilai proton dan elektronnya.
Itulah penjelasan tentang jenis muatan listrik lengkap berserta sifatnya. Semoga bermanfaat! (Riyana)