Mengenal Jenis Teater yang Dikembangkan Para Bangsawan

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
28 September 2023 16:06 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Jenis Teater yang Pada Awalnya Dikembangkan oleh Para Bangsawan Disebut. Sumber: Unsplash/Gwen King
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Jenis Teater yang Pada Awalnya Dikembangkan oleh Para Bangsawan Disebut. Sumber: Unsplash/Gwen King
ADVERTISEMENT
Jenis teater yang pada awalnya dikembangkan oleh para bangsawan disebut teater istana. Teater adalah seni pertunjukan drama yang ditampilkan di atas panggung. Seni pertunjukan ini sudah ada sejak dahulu dan sekarang sudah semakin berkembang.
ADVERTISEMENT
Teater sangat menarik untuk dinikmati sebagai hiburan. Selain itu, teater juga menarik untuk ditelaah.

Jenis Teater yang Pada Awalnya Dikembangkan oleh Para Bangsawan Disebut Teater Istana

Ilustrasi Jenis Teater yang Pada Awalnya Dikembangkan oleh Para Bangsawan Disebut. Sumber: Unsplash/Antonio Molinari
Dikutip dari Monograf Karakter Tokoh Teater Jingju, Ismayuni (2021:5), secara etimologis, teater merupakan gedung pertunjukan atau auditorium. Dalam arti luas, teater adalah segala tontonan yang dipertunjukkan di depan orang banyak.
Sedangkan, teater dalam arti sempit adalah drama, kisah hidup, dan kehidupan manusia yang diceritakan di atas pentas dengan media berupa percakapan, gerak, dan laku yang berdasarkan pada naskah.
Nanang dalam Sejarah Seni Teater Indonesia (2022:10-11), teater yang berkembang di kalangan rakyat disebut sebagai teater tradisional. Teater tradisional tidak disertai dengan naskah (sifatnya improvisasi) dan dipentaskan di semua tempat. Teater ini masih ada dan berkembang di daerah-daerah di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Teater tradisional dibagi menjadi teater orang dan teater boneka. Masing-masing jenis teater tersebut dibagi lagi menjadi teater rakyat dan teater istana. Jenis teater yang pada awalnya dikembangkan oleh para bangsawan disebut teater istana.
Seni pertunjukan teater berkembang di istana ketika sistem monarki mulai dianut di Indonesia pada sekitar tahun 400 Masehi. Teater istana sifatnya profesional karena dikembangkan oleh para seniman yang kesehariannya bekerja dalam hal seni.
Teater istana lahir dan berkembang di lingkungan keraton dan kaum bangsawan. Pertunjukan ini hanya digelar untuk kalangan terbatas saja. Seni pertunjukan ini memiliki nilai artistik yang tinggi dan dilengkapi dengan cerita seputar kaum bangsawan yang dekat dengan para dewa.
Karena bersifat profesional, lahirlah aturan-aturan baku pada teater istana. Nilai artistik dijadikan sebagai tolok ukur dari seni pertunjukan ini. Sama seperti jenis teater lainnya, teater istana juga menampilkan cerita di depan para penonton.
ADVERTISEMENT
Teater ini juga dilengkapi dengan unsur tarian, musik, dan tutur. Teater istana memiliki sedikitnya tiga fungsi utama, yaitu sebagai ritus, pelengkap kebesaran raja, dan sebagai hiburan.
Jadi, jenis teater yang pada awalnya dikembangkan oleh para bangsawan disebut teater istana. Pelajari juga jenis-jenis teater lainnya agar wawasan dalam bidang sastra bisa semakin luas. (KRIS)