Mengenal Pengertian dan Fungsi Sistem Operasi pada Komputer

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
12 Juni 2023 13:05 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi gambar fungsi sistem operasi. Sumber foto: Pixabay.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi gambar fungsi sistem operasi. Sumber foto: Pixabay.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pada zaman sekarang ini, sebagian orang pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah komputer. Namun, pernahkah mengetahui bagaimana komputer bekerja dalam memproses data? Hal ini merupakan tugas dari fungsi sistem operasi.
ADVERTISEMENT
Sistem operasi adalah sebuah sistem yang mengatur bagaimana sebuah komputer dan perangkat lain dapat terhubung untuk digunakan.
Tanpa adanya sistem operasi, komputer dan beberapa perangkat tersebut hanyalah sebuah mesin biasa yang tidak bernilai jika tidak berfungsi.

Pengertian dan Fungsi Sistem Operasi

Ilustrasi gambar fungsi sistem operasi. Sumber foto: Pixabay.com
Mengutip dari buku yang berjudul Sistem Operasi Buku Ke-1 karya Indra Sufian (2016: 3) Sistem operasi adalah sebuah kata yang pada umumnya berasal dari bahasa Inggris yaitu Operating System, yang berarti mengeksploitasi seluruh komponen pada sebuah mesin.
Tujuan dari eksploitasi komponen tersebut adalah agar sebuah mesin dapat digunakan dan dimanfaatkan dengan baik. Peran sistem operasi terletak di atas perangkat keras dan di bawah program aplikasi.
Sistem operasi memiliki fasilitas pengaturan tampilan resolusi monitor, tampilan wallpaper, konsumsi listrik dan lain-lain. Sebagian orang kerap sekali sulit membedakan antara sistem operasi dengan sistem tertanam (embeded system).
ADVERTISEMENT
Sistem tertanam adalah perpaduan dari perangkat keras dan perangkat lunak yang berfungsi khusus seperti modem, switch, router dan lain-lain, sedangkan sistem operasi adalah yang mengaktifkan perangkat-perangkat tersebut.
Adapun fungsi sistem operasi pada komputer adalah sebagai berikut:
ADVERTISEMENT
Sekian penjelasan mengenai pengertian dan fungsi sistem operasi pada komputer. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada bacaan informatif lainnya. (MAE)