Mengenal Simbol Hambatan Listrik dan Penjelasannya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
4 April 2024 15:24 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Simbol Hambatan Listrik. Sumber: Pexels/Muffin Creatives
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Simbol Hambatan Listrik. Sumber: Pexels/Muffin Creatives
ADVERTISEMENT
Pada mata pelajaran fisika, terdapat materi mengenai listrik. Di dalam materi tersebut membahas berbagai macam kelistrikan, termasuk hambatan listrik. Simbol hambatan listrik adalah huruf R.
ADVERTISEMENT
Pada dasarnya, hambatan listrik adalah sifat material atau perangkat yang menghambat arus listrik untuk mengalir melaluinya. Semakin tinggi hambatan suatu material, maka semakin sedikit arus listrik yang bisa mengalir melaluinya untuk suatu tegangan tertentu.

Simbol Hambatan Listrik

Ilustrasi Simbol Hambatan Listrik. Sumber: Pexels/Blaz Erzetic
Seperti diketahui simbol hambatan listrik adalah huruf R, singkatan dari Resistance. Ini merujuk pada resistansi, yang merupakan sifat dari sebuah komponen atau materi yang menghambat aliran arus listrik melaluinya.
Dalam praktik elektronika sehari-hari, huruf “R” juga sering digunakan untuk menyebut komponen resistor, yaitu komponen elektronika yang berfungsi sebagai hambatan. Mengutip buku IPA Fisika 3 untuk SMP dan MTs, Mikrajuddin Abdullah (2007:47), ada dua cara mengukur hambatan listrik, yaitu secara langsung dan tidak langsung.
ADVERTISEMENT
Alat untuk mengukur hambatan listrik secara langsung disebut dengan ohmmeter. Oleh karenanya, hambatan listrik sering kali diukur dalam satuan ohm (Ω).
Hambatan listrik biasanya digunakan dalam rangkaian listrik untuk mengontrol aliran arus. Dalam menentukan hambatan listrik, ada beberapa faktor yang memengaruhinya. Berikut adalah beberapa faktor yang memengaruhi hambatan listrik.

1. Jenis Material

Material dengan sifat konduktif yang rendah akan memiliki hambatan listrik yang tinggi. Sebaliknya, material dengan konduktivitas tinggi, seperti logam, umumnya memiliki hambatan listrik yang rendah.

2. Suhu

Pada umumnya, hambatan listrik meningkat dengan meningkatnya suhu. Ini disebabkan karena meningkatnya suhu dapat menyebabkan peningkatan getaran atom dalam material, yang menghambat pergerakan elektron dan akhirnya meningkatkan hambatan.

3. Panjang dan Luas Penampang

Hambatan listrik juga dipengaruhi oleh panjang dan luas penampang dari material konduktif. Semakin panjang kawat, maka semakin tinggi hambatannya. Sementara itu, semakin besar luas penampangnya, maka semakin rendah hambatannya.
ADVERTISEMENT

4. Kemurnian

Kemurnian material juga memainkan peran penting dalam menentukan hambatan listrik. Material yang lebih murni umumnya memiliki hambatan yang lebih rendah.

5. Frekuensi

Pada komponen elektronik, hambatan dapat bergantung pada frekuensi arus listrik yang digunakan.

6. Bentuk Geometri

Bentuk geometri dari material konduktif juga dapat memengaruhi hambatan listriknya. Misalnya, pada resistor, bentuk kawat dan jarak antar gulungan bisa memengaruhi nilai hambatannya.
Itulah penjelasan mengenai hambatan listrik, simbol hambatan listrik dan faktor yang memengaruhi hambatan listrik. Dengan menggunakan simbol "R" dalam diagram rangkaian, para insinyur dan teknisi dapat dengan mudah mengidentifikasi dan menganalisis kontribusi hambatan dalam suatu sirkuit listrik. (BAI)