Mengenal Smudge dan Tips Makeup Anti Luntur

Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
16 September 2023 18:11 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi smudge adalah - Sumber: pixabay.com/kaboompics
ADVERTISEMENT
Dalam bahasa Inggris, arti smudge adalah noda. Berbeda lagi dalam dunia kecantikan, orang-orang mengenal smudge dengan arti yang lain. Smudge merupakan istilah untuk menyebut makeup yang luntur akibat disentuh atau digosok.
ADVERTISEMENT
Dua arti tersebut sebenarnya masih berhubungan. Noda di wajah akibat makeup yang luntur itulah yang dimaksud dengan smudge. Inilah yang akhirnya menginspirasi produsen kosmetik untuk menghasilkan produk yang smudge-proof alias anti luntur.

Smudge adalah Istilah untuk Makeup yang Luntur

Ilustrasi smudge adalah - Sumber: pixabay.com/thisismyurl
Smudge adalah makeup yang luntur. Maksudnya adalah efek yang terjadi saat produk kecantikan, seperti eyeliner, mascara, atau lipstik tidak bertahan lama di wajah dan cenderung meleleh atau pudar.
Fenomena ini terjadi bisa disebabkan oleh sejumlah faktor. Mulai dari cuaca panas, aktivitas fisik yang intens, jenis muka yang berminyak, atau jenis produk kosmetik yang digunakan.
Berdasarkan buku Skin Care & Makeup Tips & Tricks, Karen Latchana Kenney, (2015), dalam dunia kecantikan, teknik dan produk khusus smudge-proof telah dikembangkan untuk mengatasi masalah ini. Sehingga makeup dapat bertahan lebih lama tanpa merusak tampilan yang diinginkan.
ADVERTISEMENT

Tips Makeup Anti Luntur

Ilustrasi smudge adalah - Sumber: pixabay.com/engin_akyurt
Meskipun sudah banyak produk kosmetik yang smudge-proof, tetapi ada baiknya bila memahami tips agar makeup tidak luntur. Meskipun memakai produk yang biasa saja.
Beberapa tips untuk menghindari smudge adalah sebagai berikut.

1. Persiapkan Kulit dengan Baik (Skin Preparation)

Pastikan kulit wajah bersih dan lembap sebelum mengaplikasikan makeup. Pilih pelembap yang cocok untuk jenis kulit wajah. Gunakan primer wajah sebelum foundation. Primer akan membantu makeup menempel lebih baik pada kulit dan mengurangi kemungkinan luntur.

2. Pilih Produk yang Tahan Lama

Pilih produk makeup yang memiliki formula tahan air atau tahan lama. Misalnya, foundation, eyeliner, mascara, dan lipstik tahan lama dapat membantu menghindari luntur.

3. Setting dengan Bedak

Setelah mengaplikasikan foundation atau alas bedak, gunakan bedak tabur atau bedak padat tahan lama untuk mengunci makeup. Fokuskan pada area-area yang cenderung berminyak, seperti zona T (dahi, hidung, dagu).
ADVERTISEMENT

4. Gunakan Setting Spray

Setelah selesai merias wajah, semprotkan setting spray. Ini akan membantu menjaga makeup tetap segar dan tahan lama sepanjang hari.

5. Hindari Sentuhan Berlebihan

Hindari menyentuh wajah terlalu sering, karena minyak dan kotoran dari tangan bisa merusak makeup. Selalu gunakan tisu atau blotting paper jika perlu menyerap minyak tanpa harus menyentuh wajah.

6. Pertimbangkan Cuaca

Sesuaikan makeup dengan kondisi cuaca. Di musim panas atau cuaca panas, gunakan produk tahan air dan ringan. Di musim dingin, pastikan kulit tetap terhidrasi dengan baik.

7. Gunakan Lipstik Tahan Lama

Lipstik tahan lama adalah pilihan yang bagus jika ingin menghindari lipstik luntur. Pastikan bibir bersih dan kering sebelum mengaplikasikan lipstik. Gunakan pensil bibir untuk menjaga bentuknya.

8. Touch Up Secara Berkala

Beberapa produk makeup perlu diperbarui selama hari, seperti lipstik atau bedak. Selalu bawa produk tersebut di tas untuk touch up jika diperlukan.
ADVERTISEMENT

9. Praktikkan Teknik Makeup yang Tepat

Pelajari teknik makeup yang benar. Termasuk pengaplikasian eyeshadow, eyeliner, dan maskara agar tahan lama. Gunakan kuas dan spons yang tepat untuk hasil yang lebih baik.
Jadi, dalam dunia kecantikan, smudge adalah istilah untuk makeup yang luntur karena sentuhan. Sudah banyak tips dan cara yang bisa diterapkan untuk menghindari makeup yang longsor tersebut. Selamat mencoba. (DNR)