Mengenal Struktur Tubuh Mollusca dan Ciri-cirinya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
12 Oktober 2023 12:22 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi struktur tubuh mollusca. Sumber: Pexels/Alin Luna
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi struktur tubuh mollusca. Sumber: Pexels/Alin Luna
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pada pembelajaran tentang anatomi hewan, siswa akan belajar struktur tubuh mollusca. Materinya berkaitan dengan tata letak dari tubuh hewan yang termasuk hewan invertebrata tersebut.
ADVERTISEMENT
Mollusca berasal dari bahasa latin yaitu 'molluscus' yang berarti lunak. Mudah untuk mengenalinya secara fisik, karena hewan ini tidak memiliki ruas pada tubuhnya.

Tentang Struktur Tubuh Mollusca

ilustrasi struktur tubuh mollusca. Sumber: Pexels/Marc Majam
Menurut buku IPA Terpadu (Biologi, Kimia, Fisika), Djoko Arisworo, Yusa, Nana Sutresna (hal.231), pengertian mollusca adalah hewan bertubuh lunak, oleh sebab itu sebagian besar dari mereka memiliki cangkang sebagai pelindungnya.
Adapun hewan yang tidak bertulang belakang ini memiliki susunan tubuh yang terbagi menjadi tiga bagian utama. Berikut penjelasan tentang struktur tubuh mollusca.

1. Kaki

Bagian ini merupakan penjuluran ventral (bagian perut) tubuhnya yang berotot. Kaki pada tubuh mollusca berfungsi sebagai alat gerak merayap dan menggali.
Beberapa kelompok mollusca kakinya dapat dimanfaatkan menjadi tentakel yang berguna untuk menangkap mangsa.
ADVERTISEMENT

2. Massa Viseral

Massa viseral merupakan bagian yang lunak. Bagian ini merupakan kumpulan sebagian besar organ tubuh yaitu organ pencernaan, eksresi, dan organ reproduksi.
Organ eksresinya berupa sepasang nefridia yang berperan seperti ginjal untuk membuang sisa metabolisme dalam bentuk cair.

3. Mantel

Struktur tubuh mollusca selanjutnya adalah mantel. Terdapat rongga mantel yang berisi cairan. Cairan tersebut tempat dari lubang insang, lubang eksresi, dan anus. Pada mollusca bercangkang, mantel dapat mensekresikan bahan penyusun cangkang.
Beberapa contoh hewan mollusca yaitu.

Ciri-ciri Mollusca

Ilustrasi struktur tubuh mollusca. Sumber: Pexels/Jaysse Tran
Setelah memahami struktur tubuh pada mollusca, selanjutnya adalah mengetahui ciri-ciri hewan tersebut. Adapun ciri-cirinya antara lain.
ADVERTISEMENT
Itulah penjelasan tentang struktur tubuh mollusca beserta ciri-cirinya. Hal tersebut akan menjadikan siswa memahami tentang jenis-jenis hewan kelompok mollusca dalam ilmu biologi. (DVA)