Mengetahui Kalori Nastar 1 Biji

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
13 April 2024 16:35 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi kalori nastar 1 biji. Sumber foto: Pixabay/shirleysavitri
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kalori nastar 1 biji. Sumber foto: Pixabay/shirleysavitri
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pada saat Lebaran ada berbagai kue kering yang disajikan untuk tamu, salah satu yang paling favorit adalah kue nastar. Kalori yang terdapat dalam kue nastar sangatlah besar. Umumnya, kalori nastar 1 biji sekitar 50 sampai 75 kalori.
ADVERTISEMENT
Jika mengonsumsi tiga biji nastar, kalori yang masuk ke dalam tubuh akan sebanding dengan mengonsumsi satu porsi nasi. Tak heran jika mengonsumsi kue ini perut akan merasa kenyang.

Apa Itu Kue Nastar?

Ilustrasi pengertian kue nastar. Sumber foto: Pixabay/Finn-b
Istilah nastar berasal dari bahasa Belanda, yaitu annanas atau nanas dan taart atau tar sehingga dapat diartikan secara harfiah bahwa nastar adalah tar nanas (dalam bahasa Inggris disebut pineapple tarts atau pineapple nastar roll).
Nastar sendiri menjadi salah satu kue kering yang sangat diminati oleh sebagian orang saat momen Lebaran tiba.
Dikutip dari buku Geliat Technopreneurship (Kewirausahaan Berbasis Teknologi) : Buku Ajar Penuntun Perkuliahan Kewirausahaan oleh Riana Mayasari, dkk (2021:45-47), kue nastar adalah sejenis kue kering dari adonan tepung terigu, mentega dan telur yang diisi dengan selai buah nanas.
ADVERTISEMENT
Seiring dengan perkembangan dunia kuliner, isian nastar juga dapat diisi dengan selai buah lain, seperti stroberi, blueberi, dan lain sebagainya.
Umumnya, kue ini berbentuk bulat-bulat dengan diameter sekitar 2 cm. Bagian atas sering dihias dengan menggunakan keju, kismis di potong kecil-kecil, ataupun cengkih.
Kue kering ini biasa dihidangkan pada hari hari raya mulai dari Natal, Idulfitri, sampai tahun baru Imlek. Pembelian kue kering ini cukup mudah. Pasalnya nastar biasa dijual dalam kemasan toples plastik di toko roti, pasar swalayan, dan toko kue.
Kue kering ini kini telah berkembang dengan berbagai resep yang sangat bervariasi. Maka dari itu, pembuatan kue ini harus diperhatikan agar tidak ada kesalahan dalam membuatnya.

Ketahui Kalori Nastar 1 Biji

Ilustrasi kalori nastar 1 biji. Sumber foto: Pixabay/HelenJank
Mengutip dari laman Cnydelivery, total keseluruhan kalori nastar 1 biji dengan berat 20 gram dengn 15 gram karbohidrat, 4 gram lemak, dan 1 gram lemak adalah sekitar 50 hingga 75 kalori. Kandungan kalori nastar tersebut berbeda-beda tergantung bahan serta berat dari kue kering tersebut.
ADVERTISEMENT
Jika nastar mengandung tepung, mentega, gula yang lebih banyak, maka kalori yang terkandung di dalamnya juga semakin besar. Adapun rincian dari kandungan gizi yang terdapat pada kue nastar seberat 20 gram bisa dipahami sebagai berikut ini.
Kalori nastar 1 biji di atas sangatlah besar. Pasalnya jika seseorang mengonsumsi tiga biji nastar setara dengan mengonsumsi satu porsi nasi. Semoga bermanfaat. (NTA)