Pengertian OTP Lengkap dengan Fungsinya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
10 Juni 2023 14:17 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
OTP adalah. Sumber: pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
OTP adalah. Sumber: pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
OTP adalah istilah dalam dunia digital, khususnya pada penggunaan media sosial yang sudah tidak asing lagi bagi banyak orang. Hal ini karena setiap orang yang akan membuat suatu akun, baik itu akun media sosial maupun platform lainnya, akan mendapatkan kode OTP sebagai langkah pencegahan terhadap cyber crime.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itulah, sangat penting bagi para pengguna internet untuk mengetahui apa itu OTP. Apalagi sekarang ini sedang marak kasus penipuan dengan modus meminta kode OTP milik korban.

Pengertian OTP dan Fungsinya

OTP adalah. Sumber: pexels.com
Mengutip dari buku Why? Cyber Crime - Kejahatan Dunia Maya oleh YeaRimDang (2020:84), One-Time Password atau OTP adalah salah satu lapisan keamanan yang biasanya muncul ketika melakukan transaksi online perbankan. Saat ini, OTP mulai banyak digunakan dalam transaksi keuangan lainnya.
Adapun kode OTP sendiri terdiri dari empat sampai enam digit angka, huruf, ataupun kombinasi keduanya. Hal ini karena pada dasarnya kode OTP tidak dirancang secara sistematis demi menjaga keamanannya.
Kombinasi OTP ini dibuat secara otomatis dengan sistem algoritma canggih bernama Hashed Message Authentication Code atau HMAC. Jadi, satu kode OTP terdiri dari informasi transaksi dan juga stempel waktu untuk keamanan tambahan. Hal ini bertujuan agar peretas yang ingin membobol rekening bank tidak bisa mendapatkan kode OTP dan menggunakannya kembali.
ADVERTISEMENT
Adapun beberapa fungsi kode OTP yang perlu diketahui adalah sebagai berikut.

1. Mencegah Pencurian Identitas

Dengan adanya kode OTP sebelum masuk ke sebuah akun, maka pengguna dapat terhindar dari kemungkinan adanya pencurian identitas secara online. Hal ini karena OTP akan menjadi tidak valid dalam hitungan detik. Jadi, peretas tidak bisa menggunakannya kembali di lain waktu.

2. Membuat Kata Sandi Jadi Sulit Ditebak

Kode OTP juga dapat membuat kata sandi milik pengguna menjadi lebih sulit untuk ditebak. Dengan begitu, maka peretas tidak bisa masuk dan mengambil alih akun tersebut. Hal ini karena OTP sering dibuat dengan algoritma yang memanfaatkan keacakan. Tentu saja kondisi ini dapat menyulitkan peretas.

3. Meningkatkan Keamanan Pengguna

Fungsi kode OTP yang terakhir adalah untuk meningkatkan keamanan pengguna. Sebab, kode OTP akan dibuat acak sehingga dapat memberikan keamanan yang lebih eksponensial dibandingkan kata sandi buatan pengguna. Apalagi ada banyak pengguna yang menggunakan kata sandi sama di banyak akun sekaligus.
ADVERTISEMENT
Itu dia penjelasan singkat tentang pengertian OTP dan fungsinya yang menarik untuk diketahui. Semoga bermanfaat, ya. (Anne)