Pengertian Pendidikan Inklusif, Manfaat, dan Konsepnya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
26 Juli 2023 19:24 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Pengertian inklusif adalah. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber: Pexels/ Iqwan Alif
zoom-in-whitePerbesar
Pengertian inklusif adalah. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber: Pexels/ Iqwan Alif
ADVERTISEMENT
Inklusif adalah sebuah ajakan untuk memahami perbedaan yang ada di sekitar. Istilah ini sering dikaitkan dengan konsep pendidikan yang ada di negara ini. Sebab, berhubungan dengan masyarakat Indonesia yang memiliki sifat multikultural.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari Pendidikan Inklusif Sekolah Dasar: Merangkul Perbedaan dalam Kebersamaan oleh Dr. Minsih, M.Pd. (2020:5) pendidikan inklusif adalah pelayanan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus yang dididik bersama anak lainnya.
Hal ini sebagai upaya mengoptimalkan potensi yang dimiliki untuk mendapatkan pendidikan yang sama dengan siswa normal lainnya. Fasilitas yang didapat juga semaksimal mungkin dimodifikasi agar dapat diterima dengan baik, seperti halnya dalam sarana prasarana.

Pengertian Pendidikan Inklusif dan Manfaatnya

Pendidikan inklusif adalah. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber: Pexels/ Max Fischer
Pengertian dari pendidikan inklusif adalah sebuah sistem penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan bagai para anak berkebutuhan khusus untuk mengenyam pendidikan yang sama dengan siswa pada umumnya.
Hal ini sesuai dengan dasar hukumnya pada UUD 1945 Pasal 32 ayat (1) bahwa setiap warga berhak mendapatkan pendidikan. Selain itu, penerapan pendidikan inklusif juga akan memberikan manfaat yang baik untuk lingkungan sekitar. Apa saja? Berikut penjelasannya:
ADVERTISEMENT

Konsep Pendidikan Inklusif

Pendidikan Inklusif adalah. Sumber: Pexels/ Katerina Holmes
Konsep umum dari pendidikan inklusif adalah layanan pendidikan yang mengikutsertakan anak berkebutuhan khusus agar dapat belajar di tempat dan lingkungan yang sama. Tujuannya adalah agar mereka dapat mengakses pendidikan secara luas tanpa diskriminasi.
Karena memiliki model pendidikan yang "menyatukan", maka fasilitas yang diberikan juga disesuaikan dengan para siswa yang memiliki kebutuhan khusus. Mulai dari kurikulum, sarana pendidikan, sistem pembelajarannya, hingga tenaga pendidik yang terlatih profesional.
Melalui perbedaan yang melatar belakangi konsep ini, menjadikan pendidikan inklusif sebagai sebuah kesempatan yang sama bagi semua orang tersebut untuk mendapatkan hak dan menjalankan kewajiban secara setara.
ADVERTISEMENT
Sehingga dapat disimpulkan, pendidikan inklusif adalah upaya yang dilakukan dalam ranah pendidikan untuk menyatukan anak berkebutuhan khusus agar mendapatkan hal yang sama dengan lainnya. Semoga bermanfaat! (NUM)