Pengertian Sumber Energi Terbarukan dan Manfaatnya

Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
12 September 2023 17:05 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi sumber energi terbarukan. Sumber: unsplash.com/MickHaupt.
ADVERTISEMENT
Sumber energi terbarukan adalah sumber energi yang dapat habis dan diperbaharui secara alamiah. Edukasi tentang energi terbarukan makin gencar untuk menjaga kelestarian alam.
ADVERTISEMENT
Yang sering membingungkan dari kata terbarukan adalah kata habis pada arti istilah tersebut. Kata tersebut merupakan kunci untuk memahami potensi besar dari energi terbarukan.

Pengertian Sumber Energi Terbarukan

Ilustrasi sumber energi terbarukan. Sumber: unsplash.com/GuillePozzi.
Sumber energi terbarukan adalah sumber energi yang dapat habis dan dapat diperbaharui secara alamiah seumur hidup manusia. Contohnya baterai panel tenaga surya yang menggunakan energi panas dari matahari bisa habis namun akan terisi lagi ketika matahari bersinar.
Sumber energi terbarukan dan tak terbarukan sama-sama merupakan sumber daya alam. Namun dalam pemanfaatannya, sumber energi terbarukan tinggal diolah atau diproduksi menjadi energi lain, tidak perlu dieksplorasi lebih dahulu.
Energi terbarukan tersedia dalam jumlah berlimpah, antara lain matahari, angin, sungai, laut, tumbuhan dan sebagainya. Alam akan menjaga ketersediaannya sepanjang tidak dirusak manusia.
ADVERTISEMENT

Manfaat Energi Terbarukan

Ilustrasi sumber energi terbarukan. Sumber: unsplash.com/JasonBlakeye.
Dikutip dari Hemat Energi dan Lestari Lingkungan melalui Bangunan, Christina E. Mediastika (2013:15), ada banyak sekali manfaat energi terbarukan, berikut penjelasannya.

1. Energi surya

Matahari merupakan sumber energi yang tak akan habis, yang berasal dari reaksi fusi hidrogen menjadi helium. Energi ini sudah banyak dimanfaatkan untuk panel surya mandiri.

2. Energi Air

Energi air, yang didapat dari air laut atau sungai berupa gelombang, pasang surut dan arus air, digunakan untuk menggerakkan kincir atau turbin pembangkit listrik.

3. Energi Angin

Energi angin digunakan untuk menggerakkan kincir, yang mengubah energi gerak menjadi energi listrik. Energi angin juga digunakan untuk menggerakkan baling-baling dan turbin pembangkit listrik.

4. Energi Biomassa

Biomassa berasal dari bahan organik, yaitu tumbuhan dan hewan. Pemanfaatnya berupa biofuel, biodiesel dan biogas.
ADVERTISEMENT

5. Energi Panas Bumi

Panas bumi berasal dari air panas, uap air dan batuan di dalam bumi. PLTU tidak menimbulkan emisi dan tidak bising.

6. Energi Hidrogen

Hidrogen adalah zat alami yang paling banyak di semesta, yang diperoleh dengan memisahkan H dari H2O (air) atau memisahkan biomassa dan gas alam. Kendalanya, proses ini sangat mahal.

7. Sumber Energi yang Tak Lazim

Energi tak lazim ini antar lain berasal dari bakteri, ganggang, jalan beraspal yang panas terkena matahari, kendaraan yang melintas, layang-layang, panas tubuh manusia dan hewan, panas dari prosesor komputer dan sebagainya.
Demikianlah pembahasan bahwa sumber energi terbarukan adalah sumber energi yang dapat habis dan diperbaharui secara alami. Sumber energi berlimpah harus terus dikembangkan dan dimanfaatkan. (lus)
ADVERTISEMENT