Perbedaan Kilat dan Petir pada Saat Terjadi Hujan

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
16 April 2024 17:00 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Perbedaan Kilat dan Petir, foto:pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Perbedaan Kilat dan Petir, foto:pexels
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Fenomena alam berupa kilat dan petir memiliki makna yang berbeda. Namun masih banyak orang yang belum memahami perbedaan dari kedua fenomena alam tersebut. Sehingga perlu mengetahui penjelasan perbedaan kilat dan petir.
ADVERTISEMENT
Kilat dan petir biasa muncul pada saat terjadi hujan yang sangat deras. Di mana fenomena munculnya kilat dan petir dapat diamati secara langsung oleh manusia.

Mengetahui perbedaan Kilat dan Petir

Ilustrasi Perbedaan Kilat dan Petir, foto:pexels
Dikutip dari buku Ensiklopedia Sains (Dalam Kehidupan Sehari-hari), Khairiyah (2020:38), perbedaan kilat dan petir pada saat hujan ialah kilat merupakan gelombang cahaya berupa cahaya terang yang tidak diikuti suara gemuruh, sedangkan petir ialah kilatan cahaya putih yang diikuti suara menggelegar.
Selain perbedaan tersebut, masih terdapat beberapa poin perbedaan lainnya yang didasarkan pada beberapa faktor. Berikut adalah penjelasan beberapa poin perbedaan lainnya antara kilat dan petir.

1. Berdasarkan Waktu Munculnya

Kilat dan petir adalah fenomena yang waktu munculnya berbeda. Di mana terjadinya kilat akan muncul terlebih dahulu sebelum petir yang ditandai dengan kilatan cahaya. Selain itu berlangsung pada saat hujan turun dan dapat juga ketika masih mendung.
ADVERTISEMENT
Sedangkan petir muncul apabila kilat sudah terjadi. Sehingga dapat dikatakan bahwa kilat akan muncul terdahulu, kemudian akan disusul oleh petir.

2. Berdasarkan Penyebabnya

Penyebab terjadinya kilat yaitu adanya awan yang berada sangat dekat dengan medan listrik dan mempunyai beban listrik cukup besar. Selain itu juga disebabkan oleh adanya perbedaan tekanan di dalam atmosfer sehingga timbul gelombang kejut berupa kilatan cahaya.
Sedangkan petir disebabkan oleh adanya perbedaan potensial listrik di dalam awan yang dapat memicu munculnya percikan listrik yang sangat besar dan cepat. Garis besar dari penyebab terjadinya petir yaitu ketika terdapat perbedaan potensial listrik di dalam awan atau antara awan dan bumi.
Perbedaan potensial tersebut biasanya diakibatkan oleh proses terbentuknya friksi antara partikel udara yang memiliki muatan positif dan negatif. Selain itu juga dapat disebabkan oleh arus angin yang melakukan dorongan kepada awan.
ADVERTISEMENT
Kemudian ketika terjadi perbedaan potensial, maka percikan listrik akan muncul yang menghasilkan cahaya terang dan juga suara menggelegar atau gemuruh.
Demikian penjelasan perbedaan kilat dan petir yang termasuk ke dalam fenomena alam dan terjadi pada saat terjadi hujan. Perlu diingat bahwa saat terjadi hujan harus tetap berhati-hati, terutama untuk orang-orang yang sedang berada di luar ruangan. (PAM)