Prinsip Perancangan Sistem beserta Penjelasan Konsepnya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
22 Desember 2023 17:00 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Prinsip Perancangan Sistem. Sumber: Pixabay/Geralt
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Prinsip Perancangan Sistem. Sumber: Pixabay/Geralt
ADVERTISEMENT
Masih banyak orang yang belum memahami secara keseluruhan mengenai prinsip perancangan sistem. Bahkan masih banyak orang awam yang asing dengan istilah yang satu ini.
ADVERTISEMENT
Sesuai namanya, prinsip perancangan sistem merupakan bagian dari perancangan sistem. Materi ini berkaitan dengan sistem informasi dan komputer.

Konsep Perancangan Sistem

Ilustrasi Prinsip Perancangan Sistem. Sumber: Pixabay/Geralt
Sebelum membahas lebih lanjut mengenai prinsip perancangan sistem, sebaiknya pahami dulu mengenai konsep perancangan sistem.
Dikutip dari buku Tuntunan Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntansi dengan Visual Basic dan Microsoft SQL Server, Kusrini (2007:79), perancangan sistem adalah proses pengembangan spesifikasi sistem baru berdasarkan hasil rekomendasi analisis sistem.
Dalam tahap perancangan, tim kerja desain harus merancang spesifikasi yang dibutuhkan dalam berbagai kertas kerja. Kertas kerja tersebut harus memuat berbagai uraian mengenai input, proses, dan output dari sistem yang diusulkan.
Secara garis besar terdapat lima hal yang mencakup perancangan sistem, yaitu.
ADVERTISEMENT
Adapun perancangan sistem bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pemakai sistem serta memberikan gambaran yang jelas dan rancang bangun yang lengkap untuk pemrogram dan berbagai ahli teknik yang terlibat.

Prinsip Perancangan Sistem

Ilustrasi Prinsip Perancangan Sistem. Sumber: Pixabay/Geralt
Pada dasarnya, prinsip perancangan sistem yang aman adalah untuk mencegah hilangnya data serta mencegah masuknya penyusup. Agar perancangan sistem yang dibuat sesuai dengan prinsip, terdapat sejumlah langkah yang harus dilakukan. Berikut di antaranya.

1. Keamanan Fisik Komputer

Menjaga keamanan fisik komputer dapat dilakukan dengan cara berikut.

2. Keamanan Lokal

Keamanan lokal berkaitan dengan pengguna sistem serta pemberian akun kepada orang yang tepat sesuai dengan kebutuhan.
ADVERTISEMENT

3. Keamanan Root

Untuk keamanan root, sebaiknya jangan pernah login sebagai root kecuali jika benar-benar dibutuhkan. Hal yang dapat dilakukan untuk meminimalisir hal tersebut adalah dengan membatasi penggunaan console untuk login sebagai root.

4. Keamanan File dan Sistem File

Keamanan file dan sistem file harus dijaga dengan memastikan bahwa file-file pada sistem tidak terbuka untuk pengeditan oleh pemakai yang tidak seharusnya melakukan pemeliharaan sistem.

5. Keamanan Password dan Enkripsi

Untuk keamanan, sebaiknya buatlah password yang sulit ditebak dan selalu mengenkripsi file yang ingin diakses.

6. Keamanan Kernel

Kernel adalah otak sistem operasi yang mengatur banyak pengguna. Untuk itu, pastikan untuk selalu update kernel sistem operasi.
Demikian penjelasan mengenai prinsip perancangan sistem beserta penjelasan konsepnya. Semoga ulasan di atas dapat menambah pemahaman seputar perancangan sistem. (YAS)