Bisnis
·
28 Mei 2020 16:21

Keseruan Rangkaian Acara #DirumahAjaBarengFWD part “Financial Talk” Bareng FWD

Konten ini diproduksi oleh Rani Retnosari Mantriana
Keseruan Rangkaian Acara #DirumahAjaBarengFWD part “Financial Talk” Bareng FWD (218)
Lebih dari dua bulan terakhir semenjak pandemik melanda Indonesia, aku lebih banyak melakukan berbagai aktivitas dari rumah. Selain bekerja dari rumah, aku juga melakukan kegiatan yang bikin aku nggak mudah bosan selama di rumah. Seperti di minggu terakhir Bulan Ramadhan, aku ngabuburit ikutan programnya FWD Life yaitu #DirumahAjaBarengFWD dengan cara nyimak Live Streaming di akun Instagram @fwd_id dan @kumparancom yang tema bahasannya favoritku banget yaitu Financial Talk. Program #dirumahajabarengFWD ini merupakan Program FWD Life yaitu Live Streaming di Instagram selama Bulan Ramadhan dengan tema berbeda setiap minggunya, diantaranya tema cooking, sports, mom’s talk, dan financial literacy.
Keseruan Rangkaian Acara #DirumahAjaBarengFWD part “Financial Talk” Bareng FWD (219)
Rabu, 20 Mei 2020, Live Streaming Financial Talk ini dimulai tepat pukul 16.30 WIB. Acara dibuka dengan sapaan dari Mas Dono Pradana dan Bapak Aidil Akbar. Kemudian membahas pentingnya menjaga kesehatan fisik, mental, dan keuangan di masa pandemik ini. Yups, ketiganya sama pentingnya apalagi di masa pandemik ini, nggak cuma kesehatan fisik dan mental aja yang harus kita jaga, tapi juga kesehatan keuangan.
ADVERTISEMENT
Menjaga kesehatan keuangan disaat pandemik penting bagi siapapun, terlebih bagi mereka yang bekerja berdasarkan proyek. Kita dituntut untuk lebih cermat lagi dalam mengelola keuangan. Alasannya karena sudah dipastikan akan ada post keuangan yang berbeda atau berubah dibanding dengan saat sebelum pandemik. Contohnya, dengan bekerja dari rumah seharusnya kita bisa lebih hemat karena kita nggak mengeluarkan biaya transport, tapi pada kenyataannya selama di rumah justru kita jadi lebih banyak jajan. Iya kan? Jadi, gimana cara mengelola keuangan saat pandemik ini?
Beberapa cara mengelola keuangan saat pandemik yang bisa kita praktikkan diantaranya :
1. Susun Budget Kembali
Budget saat sebelum dan setelah pandemik pasti mengalami perubahan, jadi wajib banget nyusun budget lagi biar sesuai dengan kondisi saat ini. Selama masa pandemik kita bisa berhemat dengan memasak makanan dirumah, dan sesekali boleh lah jajan tapi tetap dibatasi jumlahnya
ADVERTISEMENT
2. Persiapkan Dana Darurat
Dari sebelum pandemik melanda, mempersiapkan dana darurat sangatlah penting. Maka saat pandemik melanda, mempersiapkan dana darurat jadi bener-bener sangat penting. Normalnya, besaran jumlah dana darurat tergantung dari seberapa banyak orang yang kita tanggung biaya hidupnya. Khusus dimasa pandemik, besaran dana darurat bisa dinaikan hingga 1,5x lebih besar
3. Kurangi Keanggotaan yang Nggak Aktif
Dimasa pandemik ini kita lebih banyak dirumah aja, maka kurangi keanggotaan yang nggak aktif selama pandemik. Kita bisa menggantinya dengan melakukan gym dan yoga dirumah, sementara biaya keanggotaannya bisa kita tabung atau alokasikan ke post yang lebih penting
4. Pertimbangkan Barang yang Akan Dibeli
Dimasa sulit seperti saat ini ada baiknya kita mempertimbangkan barang yang akan dibeli. Utamakan membeli barang yang merupakan kebutuhan dasar. Jangan dulu membeli barang yang sebenernya nggak terlalu kita butuhkan dan masih bisa ditunda untuk membelinya
ADVERTISEMENT
5. Bayar Tagihan Tepat Waktu
Meskipun kita harus berhemat dimasa pandemik ini, tapi usahakan untuk tetap membayar tagihan tepat waktu. Kalo punya utang konsumtif sebaiknya segera dilunasi. Menjelang Lebaran kemarin, jangan lupa juga bayar zakat. Udah pada bayar zakat kan kemarin?
6. Gunakan Kartu Kredit 30% dari Pendapatan
Kalo terpaksa harus menggunakan kartu kredit, ada baiknya batasi penggunaan dengan maksimal 30% dari pendapatan kita agar tagihannya pun nggak makin melambung.
7. Menghemat Uang Mudik/THR
Karena dimasa pandemik ini kita dianjurkan untuk nggak mudik dulu, maka budget untuk mudik bisa kita hemat. Kita juga bisa menahan diri untuk nggak beli baju baru dulu, dan memasak secukupnya untuk keluarga saja saat Hari Raya karena tamu yang datang ke rumah pun kemungkinan akan sangat sedikit
ADVERTISEMENT
8. Jangan Lupa Beramal
Dimasa pandemik ini jangan lupa juga untuk tetap beramal. Kita bisa memberi THR kepada orang-orang yang jauh lebih membutuhkan seperti petugas kebersihan, dan lain-lain
9. Pentingnya Asuransi
Memiliki asuransi sama pentingnya dengan memiliki dana darurat. Apalagi disaat seperti ini, asuransi sangat penting untuk berjaga-jaga kalo terjadi hal-hal yang diluar kehendak kita. FWD punya program Asuransi Bebas Handal, dengan kontribusi mulai dari Rp 75rb/bulan kita bisa mendapat manfaat khusus covid-19 hingga Rp 100jt.
Live streaming Financial Talk ini makin meriah dengan adanya kuis dan challenge diakhir acara. Semua yang menonton bisa ikutan kuis dan challengenya. Menariknya, bagi yang beruntung bisa dapet hadiah dan ikutan acara #BukaBarengFWD yaitu buka puasa bareng secara virtual di aplikasi Zoom bareng FWD Life dengan berbagai fasilitas menarik. Beruntung aku bisa ikutan buka puasa bareng juga.
Keseruan Rangkaian Acara #DirumahAjaBarengFWD part “Financial Talk” Bareng FWD (220)
Jumat, 22 Mei 2020, aku ikutan buka puasa bareng secara virtual di aplikasi Zoom bareng FWD Life. Ada sekitar lebih dari 30 peserta dari Live Streaming yang beruntung yang ikutan buka puasa bareng. Acara dimulai pukul 16.45 WIB hingga menjelang buka puasa dengan kembali menghadirkan Mas Dono Pradana. Oh ya, para peserta juga mendapatkan voucher Go-Food yang bisa digunakan hari itu juga, dan Care Package berisi masker dan hand sanitizer yang akan dikirimkan ke rumah masing-masing.
ADVERTISEMENT
FWD Life juga punya program #BerbagiBarengFWD yakni FWD Life berkolaborasi dengan SOS Children’s Village (IG: @desaanaksos) yang merupakan bagian dari kegiatan CSR dari FWD Life. FWD Life bekerja sama dengan SOS Children’s Village dalam program pengasuhan dan pendidikan anak.
SOS Children’s Village punya program besar yaitu pengasuhan berbasis keluarga dan penguatan keluarga di masyarakat. Anak yang berada dalam pengasuhan SOS Children’s Village berasal dari anak-anak yang kehilangan pengasuhan orang tua seperti anak-anak yang orang tuanya cacat, terkena kasus hukum, dan lain-lain.
Bagi 30 peserta yang beruntung mengikuti buka puasa bareng FWD Life kali ini mendapat fasilitas berdonasi dengan cara mendaftarkan diri dan mengikuti challenge, peserta akan mendapatkan jersey yang akan dikirimkan ke rumah masing-masing. Sementara biaya pendaftaran donasi senilai Rp 200rb akan ditanggung oleh FWD Life atas nama para peserta yang akan langsung didonasikan ke SOS Children’s Village. Nah, buat yang nggak ikutan buka puasa bareng FWD Life tapi pengen berdonasi, bisa juga lho dengan cara klik https://kitabisa.com/campaign/berbagibarengFWD, donasi dibuka hingga 31 Mei 2020.
ADVERTISEMENT
FWD Life berkolaborasi dengan berbagai pihak dan akan mendistribusikan 20.000 Care Package untuk seluruh keluarga FWD Life (mulai dari karyawan hingga nasabah). FWD Life juga memberikan sarana berdonasi melalui tiga organisasi non-profit resmi yakni Special Olympics, Humanity and Inclusion, dan SOS Children’s Village. Kolaborasi antara FWD Life dengan berbagai pihak ini bertujuan untuk melindungi sesama dan mendorong untuk tetap hidup sehat di tengah pandemik.
Seneng banget bisa jadi bagian dari rangkaian kegiatan Financial Talk bareng FWD Life kali ini. Banyak banget ilmu dan wawasan baru yang bisa aku dapatkan. Kegiatan ini juga menumbuhkan kepedulian dan menyebarkan kebaikan terhadap sesama. Walau dirumah aja bukan halangan untuk terus melakukan kebaikan.
ADVERTISEMENT