Pencarian populer

Grand Launching Mediv by Kimia Farma dan Diskusi bareng Entrepreneur

Sumber: Dokumentasi pribadi
Hai semuanya, apa kabar?
Kalau kalian ngikutin aku di Instagram pasti tahu dong ya hari Senin, 29 April 2019 lalu di ICE Palace Lotte Shopping Avenue, aku berkesempatan untuk hadir di Grand Launching Bisnis Modal Jari Mediv by PT Kimia Farma. Selain meluncurkan Mediv, acara tersebut menyajikan talkshow bisnis dan hiburan oleh Endah n Rhesa. Talkshow bisnis ini disampaikan oleh tiga narasumber handal di bidangnya masing-masing, yaitu Pak Honesti Basyir (CEO PT Kimia Farma (persero) Tbk.), Lizzie Parra (Beautypreneur atau founder BLP Beauty), dan Wisnu Dewabroto (Founder Gajah Mungkur Group).
ADVERTISEMENT
Setelah MC membuka acara sore hari itu, ia bergegas memanggilkan ketiga narasumber untuk secara bergantian menceritakan bisnis yang mereka jalankan. Pak Honesti tentu saja menjelaskan secara singkat dan jelas terkait apa itu Mediv dan bagaimana kondisi bisnis Kimia Farma saat ini. Ia mengatakan bahwa Mediv bukanlah proyek coba-coba karena Kimia Farma telah menyiapkan Mediv sejak beberapa waktu lalu dan kini adalah saat yang paling tepat untuk meluncurkan Mediv sebagai solusi bisnis dengan modal minimum dan hanya bermodalkan jari saja. Meskipun Kimia Farma sudah sangat kuat di dunia bisnis dengan mengandalkan bisnis offlinenya saja, ia merasa Kimia Farma tidak mungkin berhenti berinovasi untuk masyarakat. Terlebih lagi, menurut beliau tidak ada pelaku bisnis di industri kesehatan yang meluncurkan model bisnis online seperti Mediv atau dengan kata lain Mediv adalah pioneer model bisnis online terbaru di bidang kesehatan dengan tampilan tiga dimensi (3D).
ADVERTISEMENT
Lantas, apa itu Mediv?
Mediv adalah sebuah platform e-commerce online yang dapat di unduh di Play Store (android) dan diakses melalui laman www.mediv.co.id. Keunggulan Mediv terletak pada kemudahan pendaftaran sebagai mitra dengan modal minimum dan tanpa gudang, pemberian asuransi bagi pelanggan, dan mediv screen, serta Augmented Reality (AR) yang memungkinkan pelanggan bisa seperti sedang berbelanja di toko offline karena tampilannya yang tiga dimensi (3D). Selain itu, produk-produk kesehatan yang ditawarkan di Mediv sudah pasti lengkap karena Mediv diluncurkan oleh PT Kimia Farma (persero) Tbk. Bahkan produk tersebut tidak hanya terbatas pada obat-obatan saja loh, melainkan juga alat kesehatan dan produk kecantikan.
Sementara itu, Lizzie Parra juga setuju dengan pemikiran inovasi di dunia bisnis seperti apa yang Kimia Farma lakukan dengan meluncurkan Mediv ini. Ia turut menceritakan bagaimana ia memulai bisnis BLP Beauty atau By Lizzie Parra Beauty sebagai bentuk inovasi atas personal branding miliknya. Ia menuturkan bahwa ide bisnis ini pertama kali muncul saat ia bekerja di salah satu brand kecantikan di Indonesia. Kala itu ia seperti sambil menyelam minum air karena selain bekerja, ia juga mempelajari banyak hal terutama di bidang bisnis kecantikan. Dengan berbekal pengalamannya, personal branding yang dimilikinya sebagai "orang dalam" di industri kecantikan dan seorang Make Up Artist (MUA), Lizzie memberanikan diri untuk berinovasi dengan dirinya dan memutuskan untuk keluar dari pekerjaan tersebut dan memasarkan kosmetik dengan namanya sendiri. Keterbatasan modal awal juga tidak menghalangi niatnya kala itu dan justru membuatnya semakin kreatif dalam memasarkan produknya karena berfokus pada sedikit produk dahulu dan secara eksklusif hanya dijual secara online. Tak mudah memang, terlebih lagi riset yang harus ia lakukan selama beberapa tahun kala itu. Namun nyatanya, kini perjuangan Lizzie yang bermula dari bisnis online tersebut lambat laun sudah semakin besar. Bahkan ia juga mampu membuka offline store di mall terkemuka di Indonesia tanpa mengurangi kesan fokus dan eksklusif miliknya.
ADVERTISEMENT
Di sisi lain, Pak Wisnu juga menjelaskan skema dasar memulai bisnis dengan mengibaratkan Candi Borobudur. Ia berkata bahwa Candi Borobudur dari dulu sampai sekarang terus kokoh berdiri karena dibangun dengan pondasi batu-batu yang tepat. Padahal batu-batu tersebut tidaklah sama, malah tidak ada batu pembentuk pondasi Candi Borobudur tersebut yang identik sama. Skema inilah yang ia ibaratkan sebagai pembentuk sebuah bisnis bahwa keberagaman di dalam dunia bisnis bukanlah penghalang. Meskipun demikian, ia menegaskan bahwa inovasi adalah kunci utama kesuksesan dalam dunia bisnis dan hal ini dibuktikan oleh PT Kimia Farma (persero) Tbk. dengan meluncurkan Mediv sebagai bentuk inovasi terbaru di lini bisnis perusahaan farmasi tersebut.
Jadi, apakah kamu sudah siap memulai bisnis? atau kamu ingin mencoba menjadi pelanggan Mediv? Rasakan sendiri kenyamanan bisnis modal jari (online) dengan tampilan 3D hanya di Mediv. Saat ini Mediv baru menjangkau wilayah Jakarta, Tangerang, Depok, dan Bogor, serta masih dalam proses pengembangan ke seluruh Indonesia. Yuk buruan download Mediv atau kunjungi Instagramnya disini untuk info selengkapnya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86