kumparan
search-gray
Entertainment2 Agustus 2020 17:12

5 Drama Korea yang Tampilkan Tokoh Pengidap Penyakit Prosopagnosia

Konten kiriman user
5 Drama Korea yang Tampilkan Tokoh Pengidap Penyakit Prosopagnosia (944562)
'The Beauty Inside'. Dok: JTBC
Penyakit prosopagnosia mungkin masih asing bagi sebagian besar orang. Penyakit ini adalah sebuah kelainan yang membuat penderitanya sulit mengenali wajah orang lain termasuk wajahnya sendiri.
ADVERTISEMENT
Keadaan ini biasanya diakibatkan oleh kerusakan otak akut, walaupun bukti terkini juga memperlihatkan adanya kemungkinan pengaruh faktor keturunan. Salah satu aktor Korea yang diketahui mengidap prosopagnosia adalah Oh Jung Se. Tokoh yang mengidap prosopagnosia juga sering ditampilkan dalam drama Korea beken.
Buat kamu yang belum tahu, berikut ini drama Korea yang menampilkan tokoh pengidap penyakit prosopagnosia
1. The Beauty Inside
5 Drama Korea yang Tampilkan Tokoh Pengidap Penyakit Prosopagnosia (944563)
Dok. Asianwiki
Sebagian penonton mungkin sudah mengetahui jika 'The Beauty Inside' sebelumnya pernah dirilis dalam bentuk film layar lebar pada 2015 lalu. Kesuksesan film tersebut menginspirasi pihak produksi untuk menyajikannya dalam format drama.
Tokoh Seo Do Jae (Lee Min Ki) dalam 'The Beauty Inside' digambarkan sebagai seorang direktur perusahaan penerbangan terbesar di Korea Selatan. Meski sekilas terlihat sempurna, ternyata Seo Do Jae mengidap penyakit prosopagnosia.
ADVERTISEMENT
Ia sama sekali tidak bisa mengenali wajah orang lain. Sehingga, ia mencoba mengenal orang dengan mengetahui kebiasaan, postur tubuh, serta penampilan lawan bicaranya. Hanya ibu dan sekretarisnya yang mengetahui penyakit yang dialami oleh Do Jae.
2. Rich Man, Poor Woman
5 Drama Korea yang Tampilkan Tokoh Pengidap Penyakit Prosopagnosia (944564)
Dok. Asianwiki
Tokoh Lee Yoo Chan yang diperankan oleh Suho EXO diceritakan sebagai seorang pengusaha muda di bidang IT. Ia dikenal hampir di seluruh Korea Selatan karena kehebatannya mengembangkan perusahaan hanya dalam beberapa tahun.
Namun di balik kehebatannya itu, Lee Yoo Chan sebenarnya punya penyakit penyakit aneh yang membuatnya tak mampu mengingat wajah orang lain. Kelainan inilah yang menyebabkan dia menjadi tertutup dan bersikap dingin.
3. The Secret Life of My Secretary
5 Drama Korea yang Tampilkan Tokoh Pengidap Penyakit Prosopagnosia (944565)
Dok. Asianwiki
Dibintangi oleh Kim Young Kwang dan Jin Ki Joo, drama ini bercerita mengenai Do Min Ik, seorang direktur Team 1 T&T Mobile. Ia memiliki kelebihan dalam membaca ekspresi orang-orang dan sangat baik dalam pekerjaannya.
ADVERTISEMENT
Akibat suatu insiden, Do Min Ik mengalami kejadian aneh yang membuat dirinya mengalami kebutaan wajah. Ia tak bisa lagi mengenali wajah orang lain dan wajahnya sendiri. Satu-satunya orang yang dikenalnya hanya Jung Gal Hee, sekretarisnya yang selalu menggunakan sweater merah.
4. A Girl Who Sees Smells
5 Drama Korea yang Tampilkan Tokoh Pengidap Penyakit Prosopagnosia (944566)
Dok. Asianwiki
Dalam drama yang juga dikenal dengan judul 'Sensory Couple' ini, aktor Namgoong Min memerankan tokoh villain alias pembunuh berantai bernama Kwon Jae Hee. Ia diceritakan sebagai seorang koki yang terkenal dan baik hati.
Kwon Jae Hee memiliki satu kelemahan, yaitu tak bisa melihat wajah orang lain dengan jelas. Biasanya ia mengenali seseorang dari kebiasaan, pakaian, suara, atau membiarkan orang lain yang menyapanya lebih dulu.
ADVERTISEMENT
5. My Holo Love
5 Drama Korea yang Tampilkan Tokoh Pengidap Penyakit Prosopagnosia (944567)
Dok. Asianwiki
Bila dalam daftar di atas digambarkan kalau tokoh pria lah yang mengidap prosopagnosia, maka 'My Holo Love' menampilkan dari sudut pandang karakter cewek yang jadi pemeran utamanya. Drama ini mengangkat topik seputar perkembangan teknologi yang makin canggih dan manusia-manusia yang terlibat di dalamnya.
Diceritakan So Yeon (Ko Sung Hee) adalah seorang wanita karier yang sukses tapi sebenarnya punya rahasia besar. Ia tak mampu mengenali wajah orang-orang yang dilihatnya.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white