Entertainment
·
15 September 2020 13:42

Selain Oh In Hye, Ini 8 Selebritas Korsel yang Tewas Diduga Akibat Bunuh Diri

Konten ini diproduksi oleh Review Drakor
Selain Oh In Hye, Ini 8 Selebritas Korsel yang Tewas Diduga Akibat Bunuh Diri (8497)
Oh In Hye, Dok: 5inhye
Nama Oh In Hye saat ini sedang ramai dibahas di media sosial dan media mainstream Korea atau pun internasional. Ia ditemukan dengan keadaan gagal jantung pada pukul 05.00 waktu setempat, Senin (14/9), di rumahnya yang berlokasi di Incheon.
ADVERTISEMENT
Oh In Hye sempat sadar usai mendapat CPR dan perawatan medis. Sayang, nyawanya tak tertolong hingga ia meninggal dunia di usia 36 tahun (37 umur Korea) yang diduga akibat bunuh diri. Belum diketahui apa penyebab kematiannya.
Selain Oh In Hye, Ini 8 Selebritas Korsel yang Tewas Diduga Akibat Bunuh Diri (8498)
Oh In Hye, Dok: 5inhye
Selain Oh In Hye, dalam beberapa tahun terakhir ini ada beberapa selebritas Korea Selatan yang diduga nekat mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri. Salah satu penyebab yang paling sering diketahui adalah karena depresi.
Berikut ini delapan selebritas Korea Selatan yang tewas akibat bunuh diri.
1. Jonghyun SHINee
Selain Oh In Hye, Ini 8 Selebritas Korsel yang Tewas Diduga Akibat Bunuh Diri (8499)
Jonghyun SHINee. Foto: Facebook/@shinee
Pastinya masih segar di ingatan para penggemar K-Pop bagaimana kepergian Jonghyun SHINee menggemparkan industri hiburan Korea Selatan. Ia ditemukan tergeletak di apartemennya di kawasan Cheondam-dong, Seoul, pada Desember 2017.
ADVERTISEMENT
Idola K-Pop bernama asli Kim Jong Hyun ini diduga bunuh diri dengan menghirup asap karbon monoksida dari briket batu bara yang dibakar di atas penggorengan. Ia sempat dilarikan ke rumah sakit, namun meninggal dalam perjalanan. Depresi yang dialami diduga jadi alasan pelantun 'End of a Day' ini nekat mengakhiri hidupnya di usia 27 tahun.
2. Sulli
Selain Oh In Hye, Ini 8 Selebritas Korsel yang Tewas Diduga Akibat Bunuh Diri (8500)
Sulli. Dok: jelly_jilli
Sulli menjadi salah satu selebritas Korea yang sangat terpukul usai Jonghyun dinyatakan meninggal dunia. Ini tentu saja tak mengherankan karena keduanya diketahui punya hubungan dekat dan berada di agensi yang sama yaitu SM Entertainment.
Namun, Sulli kemudian membuat pilihan yang sama dengan Jonghyun untuk bunuh diri. Di usianya yang masih 25 tahun, ia ditemukan oleh manajernya sudah tak bernyawa di apartemennya di Jeongjeong-Gu, Seongnam, pada Oktober 2019. Ia diduga memilih mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri karena sudah tak tahan dengan depresi yang dialaminya.
ADVERTISEMENT
3. Goo Hara
Selain Oh In Hye, Ini 8 Selebritas Korsel yang Tewas Diduga Akibat Bunuh Diri (8501)
Goo Hara. Dok: koohara__
Goo Hara ditemukan meninggal dunia pada November 2019 di kediamannya di Cheongdam-dong, Gangnam-gu, Seoul. Sehari sebelum kepergiannya, Goo Hara sempat mengunggah selfie dengan caption singkat, 'Selamat malam'.
Hingga saat ini belum diketahui pasti penyebab kematian mantan anggota KARA tersebut. Namun dugaan terkuat adalah karena ia depresi menerima banyak komentar pedas atas kasus yang melibatkan dirinya dan kekasihnya saat itu.
Hara sendiri dikenal sebagai salah satu sahabat Sulli dan sangat terpukul atas kematian mantan anggota f(x) itu. Ia pernah melakukan siaran langsung untuk mengirimkan pesan perpisahan yang cukup memilukan pada Sulli.
4. Jeon Mi Sun
Selain Oh In Hye, Ini 8 Selebritas Korsel yang Tewas Diduga Akibat Bunuh Diri (8502)
Jeon Mi Seon Foto: Wikimedia Commons
ktris senior Jeon Mi Seon, ditemukan meninggal dalam kamar hotel di daerah Jeonju, Jeolla Utara, pada Juni 2019 pukul 11.45 waktu Korea. Ia ditemukan meninggal setelah sang manajer menghubungi polisi untuk memeriksa keadaan sang aktris di hotel. Namun aktris kelahiran 1972 ini ditemukan meninggal di kamar mandi.
ADVERTISEMENT
Jeon Mi Seon dikenal oleh kalangan pecinta drama Korea karena perannya yang mencuri perhatian sebagai seorang ibu. Dia telah beberapa kali berperan di drama populer seperti 'He is Psychometric', 'Tempted', 'Love in the Moonlight', 'Reply 1988', hingga 'Who Are You: School 2015'.
5. Cha In Ha
Selain Oh In Hye, Ini 8 Selebritas Korsel yang Tewas Diduga Akibat Bunuh Diri (8503)
Aktor Cha In Ha. Foto: Instagram/@chainha_715
Cha In Ha ditemukan sudah tak bernyawa oleh sang manajer di kediamannya pada Desember 2019. Fantagio sebagai agensi yang menaunginya tak tidak memberikan pernyataan terkait penyebab kematiannya. Namun diduga kuat ia tewas akibat bunuh diri.
Sebelum meninggal dunia, Cha In Ha sempat berinteraksi dengan penggemarnya lewat Instagram. Aktor kelahiran 1992 ini mengunggah foto, yang memperlihatkan dirinya sedang bersantai menikmati minuman dan memperhatikan ponselnya.
6. Jo Min Ki
Selain Oh In Hye, Ini 8 Selebritas Korsel yang Tewas Diduga Akibat Bunuh Diri (8504)
Jo Min-ki (Foto: Wikimedia Commons)
Jo Min Ki menjadi pesohor senior Korea selanjutnya yang tewas akibat dugaan bunuh diri. Ia ditemukan tewas pada Maret 2018 pukul 14.00 waktu Korea Selatan di ruang penyimpanan, garasi bawah tanah, Guui-dong, provinsi Gwangjin, Seoul. Istrinya menjadi orang pertama yang menemukan jasadnya dan langsung melaporkan hal tersebut ke pihak kepolisian.
ADVERTISEMENT
Pria berusia 52 tahun ini merupakan salah satu aktor yang terlibat dalam kasus pelecehan seksual. Tuduhan pelecehan seksual yang dilakukan aktor senior ini bermula dari seorang anggota komunitas online yang membuat postingan #MeToo. Ia menuduh bahwa aktor senior Jo Min-ki telah melecehkan seorang mahasiswi beberapa tahun, saat ia bekerja sebagai profesor di Universitas Cheongju.
7. Jang Ja Yeon
Selain Oh In Hye, Ini 8 Selebritas Korsel yang Tewas Diduga Akibat Bunuh Diri (8505)
Mendiang aktris Korea Selatan, Jang Ja Yeon. Foto: Wikimedia Commons
Pemeran drama Korea 'Boys Before Flower' ini tewas pada Maret 2009 usai nekat melakukan bunuh diri. Ia dengan meninggalkan tujuh halaman surat wasiat yang ditulis sendiri.
Dalam suratnya ia menuliskan alasan ia bunuh diri, salah satunya karena depresi menerima semua pelecehan seksual yang dialaminya. Jang Ja Yeon juga menuliskan bahwa manajernya sering melakukan kekerasan kepadanya.
ADVERTISEMENT
Tak cukup sampai disitu, ia juga menyebutkan bahwa dirinya dipaksa oleh CEO agensinya untuk melakukan hubungan seksual dengan 31 orang penting dalam industri hiburan Korea Selatan.
8. Ahn So Jin
Selain Oh In Hye, Ini 8 Selebritas Korsel yang Tewas Diduga Akibat Bunuh Diri (8506)
Ahn So Jin. Dok: Naver
Ahn So Jin pernah mencuri perhatian saat tampil dalam acara 'KARA Project' pada tahun 2014. Sebagai anggota tertua, ia ditunjuk menjadi leader di grup proyek yang disebut Baby KARA oleh manajemen dan akan bertarung untuk memperebutkan posisi sebagai personel baru KARA.
Namun pada Februari 2015, Ahn Sojin ditemukan tewas setelah melompat dari lantai 10 apartemennya di Daejeon, Korea Selatan. Kabarnya cewek yang lahir pada 25 Mei 1992 itu bunuh diri karena mengalami depresi.
=======================================================================
Jika Anda membutuhkan informasi terkait depresi atau ingin berbicara tentang isu kesehatan mental lainnya, Anda dapat menghubungi LSM Jangan Bunuh Diri (email: janganbunuhdiri@yahoo.com, telepon: 021 9696 9293)
ADVERTISEMENT