kumparan
31 Jan 2018 14:40 WIB

Perkembangan Dunia Digital Marketing di Indonesia

Saat ini lagi booming perkara Digital Marketing Indonesia. Sebenarnya sudah ada beberapa warga Indonesia yang sudah melakukan bisnis melalui digital market ini, hanya karena faktor pengetahuan saja yang membuatnya belum begitu terkenal di kala itu.
ADVERTISEMENT
Digital marketing adalah proses pemasaran suatu produk atau jasa ke pasar global seperti Internet. Hal ini diyakini menjadi suatu terobosan baru untuk dunia marketing dan memiliki potensi lebih besar daripada marketing secara konvensional.
Memang butuh skill untuk mulai melakukan digital marketing sendiri. Beberapa yang harus dipelajari dasarnya saja seperti blogging dan social network. Saat ini saja hampir di seluruh sekolah menengah pertama yang ada di kota-kota besar di Indonesia, murid-muridnya mulai diajari blogging.
Blogging sendiri adalah suatu kegiatan memosting artikel tentang tema apa saja dan dimasukkan kepada halaman kita yang nantinya bisa dinikmati oleh public dengan alamat yang sudah kita tentukan.
Social network juga menjadi salah satu mengapa Indonesia terkenal di dunia. Buktinya sudah nampak ketika riset menunjukkan bahwa pengguna facebook terbanyak adalah dari Negara Indonesia.
ADVERTISEMENT
Mark Zuckerberg sendiri juga telah meneliti kegiatan-kegiatan unik yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia di situs jejaring sosial miliknya yang sangat berbeda dari warga-warga
Negara lain. Ya, warga Negara Indonesia cenderung melakukan aktivitas berniaga di situs jejaring sosial.
Melakukan perniagaan di situs jejaring sosial bukanlah hal yang bisa dianggap remeh.
Banyak yang sudah sukses dengan melakukan pemasaran di media sosial mereka. Ini karena hampir mayoritas warga Negara Indonesia punya akun facebook, dan diantaranya benar-benar menggilai facebook hingga setiap waktu dan setiap saat mengunjungi timeline facebook.
Hal seperti inilah yang memperbesar peluang dalam memasarkan produk atau jasa yang kita jual ke halaman jejaring sosial.
Jadi bagaimana menurut anda tentang perkembangan dunia marketing di Indonesia ? apakah dengan adanya digital marketing ini nanti akan lebih memajukan semua sektor industry perdagangan termasuk hingga ke bagian paling kecil seperti UKM akan berkembang ?
ADVERTISEMENT
Tentu saja bisa jika semua itu dilakukan dengan baik dan benar.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan