Melestarikan Lingkungan dengan Kampanye One Traveler One Tree

Layanan Informasi Wisata, Itinerary Creator, Virtual Traveling, dan Academy
Konten dari Pengguna
6 April 2022 22:32
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Atourin tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Melestarikan Lingkungan dengan Kampanye One Traveler One Tree (67193)
zoom-in-whitePerbesar
Kampanye One Traveler One Tree dari Atourin
ADVERTISEMENT
Atourin, perusahaan rintisan di bidang pariwisata, berkomitmen penuh dalam pelestarian lingkungan Indonesia. Sejalan dengan misinya dalam mendukung terwujudnya pariwisata berkualitas dan pejalan yang bertanggungjawab, sejak Juni 2020 lalu Atourin memulai kampanye One Traveler One Tree.
ADVERTISEMENT
Kampanye ini bertujuan untuk secara umum mengajak stakeholders pariwisata khususnya dan masyarakat umumnya dalam mendukung pelestarian lingkungan, dengan cara apapun yang mereka bisa. Salah satunya adalah dengan penanaman bibit pohon.
Pohon memiliki peran penting baik fungsi ekologi, pariwisata, pendidikan, ekonomi, dan lainnya. Pelaksanaan kampanye One Traveler One Tree ini dilakukan baik secara online maupun offline. Secara offline, Atourin mengadakan edukasi melalui media sosial maupun melalui acara tematik baik itu virtual traveling maupun Atourin Talk. Sedang secara offline, Atourin melakukan penanaman pohon di beberapa lokasi di Indonesia.
Pendanaan kampanye ini adalah melalui penyisihan sebagian pendapatan dari produk komersil. Dengan demikian, klien atau pengguna produk Atourin secara tidak langsung mendanai pelaksanaan kampanye selama 2 tahun berjalan ini. Nah, yuk simak keseruan beberapa kegiatan One Traveler One Tree di beberapa tempat di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Penanaman Bibit Bakau di Tambakrejo, Jawa Tengah
Melestarikan Lingkungan dengan Kampanye One Traveler One Tree (67194)
zoom-in-whitePerbesar
Penanaman bibit pohon bakau di Semarang. Sumber Foto: Lindungihutan
Kegiatan One Traveler One Tree bergeser ke Tambakrejo, Kota Semarang Jawa Tengah. Sekitar 50 bibit pohon mangrove rhizopora ditanam dan difasilitasi oleh Kelompok Camar. Desa Tambakrejo adalah kelurahan di Kecamatan Gayamsari, yang letaknya paling utara di kota ini. Menjadi area langganan banjir rob, penanaman mangrove merupakan salah satu upaya untuk mengurangi dampak banjir ini.
Penanaman Bibit Bakau di Pulau Pramuka, DKI Jakarta
Melestarikan Lingkungan dengan Kampanye One Traveler One Tree (67195)
zoom-in-whitePerbesar
Penanaman bibit pohon bakau di Pulau Pramuka, Kep. Seribu, DKI Jakarta
Kegiatan One Traveler One Tree lainnya dilaksanakan di Pulau Pramuka, Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Jenis bibit yang ditanam adalah Rhizophora Bersama dengan pegiat wisata dan lingkungan setempat, bibit itu ditanam di beberapa lokasi pesisir pulau. Pohon bakau memiliki peran yang sangat besar bagi lingkungan seperti penahan abrasi, habitat beberapa satwa seperti ikan, penghasil oksigen, beberapa bagiannya bisa diolah untuk makanan atau minuman serta manfaat lainnya. “Atourin berterima kasih kepada seluruh klien yang sudah menggunakan produk kami. Penanaman pohon ini merupakan bentuk nyata komitmen klien kami dalam menjaga kelestarian lingkungan.” Jelas Bagus Almer, Campaign Manager One Traveler One Tree. Peserta juga diajak untuk eksplorasi hutan bakau yang ada di sana. Tidak hanya menanam pohon, Tim Atourin juga melakukan trekking ke hutan bakau setempat, mempelajari upaya pelestarian penyu di Pusat Sanctuary Penyu Pulau Pramuka, belajar pengelolaan sampah terpadu di Trash Edupark, serta pelestarian kehidupan bahari di Pulau Pramuka serta pulau sekitarnya.
ADVERTISEMENT
Penanaman Bibit Bakau di Pantai Bahagia, Jawa Barat
Dengan menggandeng Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Alipbata, Atourin menanam puluhan bibit mangrove jenis rhizopora di Pantai Bahagia, Kecamatan Muara Gembong Kabupaten Bekasi Jawa Barat. Acara ini diikuti oleh sekitar 10 relawan. Walau situasi sedang mendung dan hujan namun tidak mengurangi semangat dan keseruan kegiatan tanam pohon ini. Peserta sampai harus ‘nyemplung’ ke area penanaman dan ‘mandi lumpur’ di sana. “Kami sangat berterima kasih kepada teman-teman Pokdarwis Alipbata, dan semua pihak yang terlibat dalam penanaman ini. Atourin sangat mendukung penghijauan kembali pesisir Muara Gembong melalui penanaman mangrove yang berkelanjutan dan ter-monitoring.” Jelas Johar Zauhariy, Chief Finance & Partnership Officer Atourin.
Penanaman Bibit Pohon di Hutan Belajar Yeh Embang, Jembrana
Melestarikan Lingkungan dengan Kampanye One Traveler One Tree (67196)
zoom-in-whitePerbesar
Penanaman foto di Jembrana, Bali bersama para partisipan lain dari sekolah
Bertepatan dengan peringatan hari hutan sedunia, pada tanggal 21 Maret 2022, Atourin berkolaborasi bersama IDEP dan berbagai pemangku kepentingan lain di sektor kehutanan melakukan penanaman pohon bersama di area hutan belajar Yeh Embang. Area hutan ini ditujukan dan dikelola untuk pembelajaran terkait hutan dan pelestariannya. Kawasan ini terletak di Desa Yeh Embang, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Bali. Kegiatan ini merupakan bagian dari Bali Water Protection Program yang diinisiasikan dan dikelola oleh Yayasan IDEP Selaras Alam (IDEP) dan One Traveler One Tree yang diinisiasikan Atourin. Total lebih dari 50 orang termasuk 25 anak-anak melakukan penanaman puluhan pohon berbagai jenis mulai dari bambu hitam, bunga sandat, kuanitan dan lainnya.
ADVERTISEMENT
Kegiatan diawali dengan absensi dan juga perkenalan. Tim Atourin memfasilitasi ice breaking dengan peserta anak-anak/ siswa siswi termasuk games berhadiah. Terlihat anak-anak sangat antusias karena mayoritas dari mereka tidak pernah berkunjung ke area hutan ini sebelumnya. Bahkan mayoritas dari mereka belum pernah melakukan penanaman pohon. “Atourin mengucapkan terima kasih kepada IDEP serta semua pihak yang terlibat atas kolaborasinya. Atourin juga percaya bahwa hutan dan lingkungan yang lestari merupakan modal bagi terwujudnya pariwisata berkelanjutan. Pelestariannya tentu membutuhkan partisipasi semua pihak.” Kata Oga Agastya, Event Manager Atourin.
Melestarikan Lingkungan dengan Kampanye One Traveler One Tree (67197)
zoom-in-whitePerbesar
Giat Tim Atourin di salah satu lokasi penanaman pohon
Atourin akan terus menggiatkan One Traveler One Tree agar keberadaan dan manfaatnya bisa lebih besar atau luas. Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kampanye ini dan sangat terbuka untuk kegiatan serupa atau kegiatan menarik lainnya berbasis pelestarian lingkungan yang berkelanjutan.
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020