News
·
28 Mei 2020 18:56

Pentingnya Menjaga Kesehatan Financial dimasa Pandemik Korona

Konten ini diproduksi oleh Riri Restiani
Bagaimana kabarnya? Saya harap semua sehat selalu ya, berlama-lama WFH dan dirumah aja rasanya gerah juga ya, namun itulah yang terbaik yang kita lakukan untuk saat ini demi memutus mata rantai penyebaran pandemic covid 19, awalnya seminggu sampai dua minggu merasakan WFH nyaman saja sih, tapi saat melebihi 2 bulan seperti ini rasanya mulai berat ya, siapapun pasti gak akan siap dengan keadaan dengan pandemic jangka panjang begini, balik lagi semua ini demi kesehatan kita bersama.
ADVERTISEMENT
Ngomongin soal kesehatan, KESEHATAN itu gak melulu harus menjaga protokol kesehatan, makan sehat dan bernutrisi, istirahat cukup serta patuhi aturan kebersihan, tapi kita juga harus menjaga kesehatan mental kita, kita harus selalu berpikiran positif dan bahagia sebab Kalau mindset dan hati pikiran kita udah bahagia tentu imun tubuh juga bertambah.
Selain itu, kesehatan financial juga gak kalah penting harus kita jaga, dirumah aja sih, Cuma uangnya keluar rumah terus, ngerasain kayak gini gak sih kalian? Takut banget keluar rumah, tapi ya jadi sering jajan online, belanja online, niatnya sesuai kebutuhan eh malah sesuai kemauan, omaygot!! Bahaya banget nih kelamaan bisa jadi boros.
Dimasa pandemic kayak gini baiknya kita harus bisa berhemat, melihat perekonomian semua orang lagi merosot, bahaya banget buat anak perantau yang jauh dari orang tua, buat yang sudah berkeluarga, ataupun orang yang setiap bulanya sedang menanggung hidup orang lain.
ADVERTISEMENT
BTW saya mau sharing nih, pengalaman seru #dirumahajabarengFWD online, beberapa hari lalu ikutan ngabuburit Financial Talks dong via IG LIVE @Kumparan bersama Dono Pradana dan Aidil Akbar. Diakun IG @Kumparan sering banget ngadain IG Live yang seru dan materinya bermanfaat banget. Jadi selama Ramadan, setiap minggunya FWD Life akan membawa para ahli yang akan menyuguhkan informasi bertemakan cooking, sports, Mom’s talk dan Financial Literacy bersama dengan KOL ternama untuk menyebarkan kegembiraan kepada penonton. Program ini akan dijalankan setiap minggunya selama bulan Ramadan berkolaborasi dengan rekan publishers. Kalian kepoin deh banyak juga kuis asyik buat kamu yang hadiahnya lumayan lah THR buat jajan online,hehe
Pentingnya Menjaga Kesehatan Financial dimasa Pandemik Korona (280823)
Siapa sih yang gak kenal Dono Pradana? Alias Adiya Rahman Pradana,seorang komika beken, di Instagram Live kali ini ia menjadi host yang akan sharing seputar aktivitasnya selama diRumah, dalam financial talks ini Dono pradana menginformasikan tentang “Kolaborasi untuk Berbagi” FWD Life juga mengajak audiens untuk ikut #BerbagiBarengFWD. FWD Life berkolaborasi dengan SOS Children’s Villages Indonesia untuk membantu meningkatkan kesadaran tentang kondisi kelompok yang rentan, terutama anak-anak, dengan mengajak masyarakat untuk turut serta berdonasi bagi anak-anak yang kehilangan pengasuhan orang tua .
ADVERTISEMENT
Melalui ‘Kolaborasi Untuk Berbagi’, semua dapat menginspirasi masyarakat untuk bersama-sama menolong sesama baik dari segi moril ataupun materil, ada juga Aidil Akbar seorang Financial Planner yang berbagi ilmunya tentang kelola Keuangan selama #DiRumahAja agar kita bisa merencanakan dan mengatur keuangan, yang berkaitan terhadap kesehatan yang efektif di kala masa pandemi ini agar terbebas dari stress dan perencanaan keuangan yang buruk. WFH saat ramadhan, seharusnya kita bisa jauh lebih berhemat karna gak ada ongkos keluar rumah, ongkos ke kantor, tapi sering kali justru lebih sering kebocoran keuangan karna tergiur untuk jajan.
Tips memanage keuangan dari Aidil Akbar:
1. Membuat skala prioritas dalam perencanaan keuangan selama bulan Ramadan di tengah kondisi pandemi dan pentingnya perencanaan keuangan untuk kesehatan baik jangka pendek dan jangka panjang.
ADVERTISEMENT
2. Lakukan Financial check up yang bertujuan kalau terjadi kondisi yang tak terduga, misalnya adanya pengurangan penghasilan
3. Perlu siapkan Dana darurat, kesehatan keuangan itu perlu Biar kita bisa bersiap dalam perencanaan yg baik , idealnya dana darurat kalau tak adaorang yang bergantung hidup dengan kita, minimal harus punya dana darurat selama 3 bulan, kalau ada 2 orang yang bergantung hidup , harus siapkan dana darurat 6 bulan, Kalau masa pandemic seperti sekarang dinaikan 1 ½ kali lipatnya.
4. Keluar dari zona aman, kalau selama ini kita bergantung pada satu pemasukan, usahakan untuk mencari kegiatan yang menghasilkan meski dirumah aja.
5. Walaupun semua dikerjakan dirumah, kita harus belajar menghargai waktu sebab banyak hal yang bisa dilakukan dalam waktu yang bersamaan.
ADVERTISEMENT
6. Memaksimalkan kreatifitas, banyak potensi diri yang ternyata masih bisa digali dan dimanfaatkan
7. Jangan memfoya-foyakan uang cash, misalnnya gak perlu tergoda untuk mengganti HP baru kalau memang sangat tak membutuhkanya
8. Menyambut lebaran sudah pasti harus siapkan Zakat dan THR, berikan pada mereka yang sering membantu kita, misalnya tukang sampah komplek, satpam komplek, ART dirumah.
Tips Cara pengelolaan hutang dimasa pandemik:
Hutang ada 2 macamnya, yaitu hutang produktif dan hutang konsumtif.
Contoh dari hutang produktif adalah, semisalnya kamu membeli barang dengan menyicil dan barang itu bisa digunakan kembali untuk menghasilkan uang, itu boleh dilakukan, misalnya beli kamera yang bisa membantu kamu untuk mencari uang tambahan menjadi fotografer atau konten creator, ini boleh dilakukan.
ADVERTISEMENT
Sedangkan hutang konsumtif, kamu membeli barang yang tak bisa menghasilkan uang dan hanya memenuhi keinginan kamu saja, ini sangat tidak boleh dilakukan, agar kamu tetap sejahtera dimasa pandemic.
Nah sampai disini cerita saya saat IG Live kemarin, untuk acara lanjutanya masih di artikel ini, pengalaman pertama nih buka puasa bareng secara digital.
Pentingnya Menjaga Kesehatan Financial dimasa Pandemik Korona (280824)
Pentingnya Menjaga Kesehatan Financial dimasa Pandemik Korona (280825)
Asyiknya Buka bareng Digital FWD
Kegiatan #dirumahajabarengFWD Seseru itu, dan dihari berikutnya sayapun masih lanjut ikutan rangkaian kegiatan #BukaBarengFWD, sebuah kegiatan buka bareng digital bareng KOL dan FWD Life mengajak kita untuk berkolaborasi berbagi ke sesama, dan Para peserta yang mengikuti #BukaBarengFWD akan mendapatkan kesempatan untuk berbincang dengan FWD Life dan KOL serta akan diberikan voucher GoFood untuk berbuka dan Care Package yang dapat digunakan selama situasi pandemi.
ADVERTISEMENT
Seneng deh ternyata Setiap peserta yang hadir di #DiRumahAjaBarengFWD juga akan difasilitasi langsung untuk berdonasi dalam program #BerbagiBarengFWD, dimana para peserta hanya tinggal mendaftarkan diri dan ikutan challengenya. Peserta akan mendaparkan Jersey di akhir progam sebagain bentuk ucapan terima kasih. Biaya pendaftaran senilai Rp200 ribu rupiah akan ditanggung oleh FWD Life, dimana dana tersebut akan didonasikan langsung juga kepada SOS Childrens Village, menarik banget kan.
Buka bareng via aplikasi zoom ini seru dan menarik, rame banget banyak yang ikutan, beberapa kuis yang diadakan bikin kita tertawa asyik, dengan jawaban nyeleneh tapi seru, hadiahnyapun gak kalah menarik, lumayanlah buat jajan makanan online.hehe
Oke guys sekian pengalaman saya ikutan IG LIVE dan buka bareng secara online, gimana? Seru kan!
ADVERTISEMENT