Mewujudkan Masyarakat Madani dalam Bingkai NKRI


 
Comments

Sulit rasanya masyarakat kita untuk menjadi masyarakat yang madani. Kenapa begitu? Coba kita tengok kasus penistaan agama dan kasus pelarangan penyelenggaraan natal. Masyarakat tidak bisa bertoleransi beragama, padahal kita hidup di tanah yang sama.


|

    sepertinya berat memang untuk menciptakan keadilan bagi seluruh rakyat indonesia ini, padahal dalam PANCASILA di sila kelima di tuliskan 'Keadilan Bagi Seluruh Rakyat Indonesia' tapi malah rayat miskin semakin teraniaya dan yang kaya semakin kaya bahkan dalam beberapa kasus yang terlihat dari segi hukum saja bisa dibilang hukum di negara ini bisa dibeli, terlihat dari kasus hakim yang menerima sogokan dari pihak terkait. semoga saja memang sejatinya keadilan bagi setiap masyarakat indonesia bisa dijalankan dengan seadil adilnya.


    |
    • sekar jatiningrum

      @rizky-aditya1484015770029 betul. Tapi, Pancasila kan sebenarnya juga mengandung cita-cita para pendiri bangsa. Yg namanya cita-cita tentu diusahakan agar terwujud dong? nah sebagai rakyat, ada baiknya kita turut membantu, dengan melakukan langkah2 kecil. Seperti taat hukum, tidak membedakan orang berdasarkan SARA, membiasakan musyawarah, dll.


      |

    Ketidakadilan yg ada di Indonesia sudah menahun, berarti untuk menyelesaikannya butuh menahun juga. Asas yg ada pada Piagam Madinah sebenarnya sudah sangat ideal konsepnya.Nah,tergantung bagaimana manusia bisa mengeksekusinya. Dan, khusus untuk Indonesia, sepertinya butuh usaha dan waktu lebih untuk mencapai hal tersebut. Tapi, sulit bukan berarti tidak mungkin kan?


    |

      memang tidak semudah itu mewujudkan masyarakat madani di negara ini. tapi sudah seharusnya masyarakat dibina untuk selalu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. semua warga negara dapat mengambil peran dalam membangub negara sehingga menjadi masyarakat madani yg berkeadilan, masyarakat yang tidak mudah dipatronisasi oleh kekuatan manapun. sebab kehidupan sosial manusia di muka bumi akan lebih tertata dengan sistem sosial yg berkeadilan walau masih disertai suatu perbuatan dosa


      |

        NKRI yang madani ternyata telah menjadi cita-cita leluhur kita. Tapi sampai saat ini masih menjadi cita-cita semata. Butuh kesadaran besar untuk menciptakan keadilan diantara masyarakat dan pemimpin. Senoga saja masyarakat madani segera terwujud di NKRI :)


        |

        mewujudkan masyarakat madani dalam bingkai NKRI sepertinya sulit, karena sepertinya kesadaran masyarakat atas lingkungannya masih bisa dibilang kurang


        |

          Related Stories

          Recommendations

          Giri Marhara, Hidup Berkubang Sampah
          18 13
          Wiji Thukul: Melawan dan Menghilang
          14 1
          INSIDE: Denyut Penjara Perempuan Tangerang
          5 0
          Jejak Habib di Indonesia
          5 6
          Penyambung Lidah Para Presiden
          9 8
          Kritik dan Aplaus untuk Klub-klub Sepak Bola yang Berganti Logo
          5 6
          Perdagangan Film Biru di Kawasan Glodok: Keping DVD dan Flashdisk
          4 1
          VIDEO: Mengenang Wiji Thukul
          9 1
          Habib Rizieq Mengaku Hanya Melakukan Koreksi Soal Logo Palu Arit
          0 0
          Mantan Wamen Nyupir, Why Not?
          27 19