VIRAL! Ratusan Kampus dan Masyarakat Cover Lagu Vokasi

Peneliti Lepas di Yogyakarta
Konten dari Pengguna
25 Februari 2021 17:36
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Rony K Pratama tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
VIRAL! Ratusan Kampus dan Masyarakat Cover Lagu Vokasi (24142)
zoom-in-whitePerbesar
ADVERTISEMENT
Ilham Dary Athallah
Vokasi adalah masa depan dunia pendidikan tinggi Indonesia. Lulus dengan gelar Sarjana Terapan, dan berbekal ilmu praktis yang dominan diajarkan selama kuliah, lulusan Vokasi akan punya keunggulan dalam berkiprah di dunia industri.
ADVERTISEMENT
Pesan ini coba dirangkum oleh Direktorat Jenderal Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, lewat Theme Song Vokasi. Bertajuk Condong Pada Mimpi, Vokasi Berjaya.
Theme song ini juga dibuatkan lomba cover lagu dengan hadiah ratusan juta rupiah. VIRAL!
Dalam Flash News kali ini, telah hadir Bapak Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto PhD. Beliau akan menjelaskan mimpi tentang vokasi, sekaligus harapannya untuk pengembangan vokasi kedepan.
Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Wikan Sakarinto mengatakan pihaknya ingin mengubah stigma pendidikan vokasi yang selama dianggap pilihan kedua melalui sejumlah kegiatan, di antaranya lomba menyanyikan lagu milik orang lain atau dikenal dengan "cover" lagu.
“Kami ingin semua siswa pendidikan vokasi tanpa batas, tidak hanya memiliki kemampuan teknis tetapi juga kemampuan non-teknis,” katanya dalam wawancara Flash News Mitra Sevima, Rabu (23/02).
ADVERTISEMENT
Terinspirasi Kisah Hidup
Dia menambahkan lagu “Condong Pada Mimpi" merupakan musik tema Vokasi Indonesia. Lagu tersebut terinspirasi dari kisah hidup Wikan Sakarinto saat masih muda, yang mana “terjerumus” pada pendidikan vokasi.
Sewaktu lulus SMA, Wikan bercita-cita masuk pendidikan sarjana Teknik Mesin Universitas Gadjah Mada (UGM), namun pada kenyataannya ia hanya diterima di Program Diploma Teknik Mesin UGM.
Berkali-kali mencoba, namun ia gagal masuk program sarjana. Hingga kemudian, ia memilih fokus menjalani pendidikan diplomanya.
“Nyatanya saat ini, pendidikan vokasi saat ini sudah sampai pada magister terapan,” katanya.
Dia menjelaskan melalui kegiatan tersebut, dia berharap dapat mengubah stigma pendidikan vokasi yang masih dianggap pilihan kedua dan dipandang sebelah mata.
Ia menekankan bahwa dalam memilih pendidikan hendaknya disesuaikan dengan minat dan bakat siswa.
ADVERTISEMENT
“Ini merupakan upaya kami dalam 'rebranding' pendidikan vokasi Indonesia, salah satunya dengan membuat lagu yang cocok untuk milenial dan generasi lainnya,” kata Wikan Sakarinto.
Banyak Kampus dan Masyarakat Sudah Membuat
Kampus Komunitas Sevima yang telah membuat cover lagu Condong Pada Mimpi, adalah Politeknik Muhammadiyah Tegal. Pengguna Gofeeder Cloud, menmbuat video klip keren abis dengan menampilkan aktivitas di kampusnya.
Selain itu ada Akademi Teknologi Industri Dewantara Palopo. Sulawesi Selatan. Pengguna Gofeeder Community. Dinyanyikan langsung oleh penyanyi top kampus ttersebut, menampilkan prestasi-prestasi.
Ada juga Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. PENS. Mitra SEVIMA dalam menyediakan Beasiswa Semesta senilai ratusan juta rupiah dan beragam kerjasama multi bidang lainnya.
Kampus mitra Sevima keempat, adalah Politeknik Negeri Ketapang. Pengguna Siakadcloud dan Edlink. Video selengkapnya bisa disimak di Youtube Sevima.
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·